Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, August 11, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Flathead Lake Montana, Danau Dengan Air Paling Jernih Di Dunia

Sumber foto: nationalgeographic

Topcareer.id – Danau Flathead merupakan danau air tawar yang sangat besar. Danau ini terletak di sudut barat laut Montana, Amerika Serikat.

Danau Flathead sebenarnya adalah sisa dari lautan daratan yang masif, Danau Missoula, yang meliputi sebagian besar wilayah tersebut selama interglasial terakhir, yakni sekitar 13.000 tahun yang lalu.

Danau ini relatif dalam, dengan kedalaman maksimumnya mencapai sekitar 112 meter, dan danau ini dikenal karena airnya yang super jernih bak kristal.

Danau Flathead sempat viral lewat gambar yang menunjukkan perairan danau yang sejernih kristal, serta seorang wanita yang tampak melayang di atas rakitnya.

Terlepas dari sempat viralnya foto wanita yang tampak melayang berkat danau yang sangat jernih, perairan Danau Flathead memang dikenal sebagai salah satu danau berpenduduk terbersih di seluruh dunia.

Baca juga: Green Lake, Danau Unik yang Hanya Ada saat Musim Semi

Ada catatan bahwa danau ini juga memiliki mitos yang cukup seram, yakni keberadaan Flathead Lake Monster yang digambarkan menyerupai ular raksasa, hingga Monster Loch Ness.

Meskipun kamu mungkin tidak percaya pada binatang seperti itu, namun setidaknya bisa menjadi bahan pertimbangan kamu ketika berpikiran untuk berenang ke bagian yang lebih dalam dari danau.

Selain itu, danau ini juga pernah menjadi rumah bagi populasi besar ikan salmon Kokanee, tetapi, seperti banyak ikan lain yang berasal dari danau tersebut, ikan Kokanee di danau mengalami penurunan besar dalam jumlah mereka sebagai akibat dari spesies yang disukai orang karena salmon jenis tersbut lezat.

Catatan lain yang menarik danau itu sampai saat ini relatif dikenal sebagai Danau Salish, yang secara mengejutkan bermakna hampir sama dengan Danau Flathead, karena keduanya merujuk pada suku Indian Salish (Flathead) yang tinggal di daerah tersebut.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply