Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, May 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Sekolah

Usai Pandemi, Jam Belajar di Sekolah Diprediksi Lebih Pendek

Foto Ilustrasi Siswa Belajar di Sekolah

Topcareer.id – Ketika pandemi berakhir, setidaknya akan ada hal-hal normal baru yang diterapkan di kehidupan kita, baik di dunia kerja juga sekolah. Mungkin saat pandemi berakhir dan anak-anak mulai sekolah, jam belajar bisa jadi lebih pendek.

Itu seperti prediksi yang dikatakan oleh Brian Perkins, seorang profesor praktik dalam kepemimpinan pendidikan yang juga Direktur Summer Principals Academy di Columbia University’s Teachers College, dalam laman HuffPost Parents.

Untuk menjaga agar anak-anak, guru, dan staf sekolah lainnya aman, pejabat kesehatan masyarakat menganjurkan betapa penting untuk tidak mengumpulkan anak-anak dalam jumlah besar bersama-sama.

Nah, salah satu cara sekolah menghindarinya adalah dengan menyesuaikan jadwal harian sehingga anak-anak hadir pada hari yang bergantian atau dalam shift (jam belajar) yang lebih pendek setiap hari.

Baca Juga: Sempat Tertunda, Pendaftaran Online Sekolah Kedinasan Dibuka Juni 2020

“Saya pikir kita bisa melihat guru yang sekarang melakukan tiga shift (siswa) sehari, dengan dua atau dua-seperempat jam per shift,” kata Brian Perkins.

Jadi, dibanding memiliki 30 anak di kelas selama sehari penuh, siswa mungkin datang sepuluh sekaligus selama beberapa jam. Dengan begitu, kata Perkins, sekolah dapat membatasi ukuran kelas menggunakan guru dan ruang kelas yang sudah mereka miliki.

Dia mengakui, jadwal seperti itu akan membebani orangtua, tapi itu mungkin pilihan terbaik yang tersedia anak-anak harus kembali ke sekolah usai pandemi.

Bahkan di sekolah dengan kelas yang lebih kecil, para ahli mengatakan bahwa orang tua dapat menganggap rutinitas drop-off tradisional adalah hal yang ketinggalan zaman.

“Kami akan meminta orang tua dan fakultas untuk mengenakan masker dan kami akan melakukan pemeriksaan suhu di pintu,” kata Lee Scott, ketua dewan penasihat pendidikan di The Goddard School, penyedia pendidikan awal swasta.

Sekolah mungkin akan cemas jika orang tua mengantar anak-anak mereka ke sekolah, ditambah untuk memastikan bahwa para orangtua ini masuk dan keluar dengan cepat.* (RW)

Leave a Reply