Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, June 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

WFH Banyak Gangguan di Rumah? Coba Lakukan Hal Ini

Ilustrasi. (dok. Getty Images)

Topcareer.id – Pandemi global virus corona telah memaksa banyak perusahaan menerapkan sistem kerja Working From Home (WFH) atau kerja dari rumah. Berita baiknya adalah kamu bisa bekerja dan menghindari gangguan di kantor, namun berita buruknya kamu mungkin harus berurusan dengan jenis gangguan lainnya, apakah itu orang yang mengantarkan paket, orangtua atau pasangan yang meminta bantuanmu.

Lebih sulit lagi jika kamu memiliki anak-anak yang sangat muda, yang tidak akan pernah mau mengerti bahwa sedang bekerja dan tidak dapat bermain.

Lalu Bagaimana menghadapi gangguan di rumah saat WFH? Tidak ada cara untuk menghindari semua gangguan dari keluarga, hewan peliharaan, kurir, dan tetangga kamu. Tetapi kamu bisa coba cara berikut ini. Setidaknya kamu bisa meminimalisirnya.

Baca juga: Kenakan Baju Warna Ini Bisa Tingkatkan Mood Kerja di Rumah

Siapkan diri
Beri dirimu semacam sinyal yang membuat orang lain tahu ketika kamu berada dalam mode fokus. Kamu bisa beri tanda jangan ganggu di pintu ruang kerja kamu. Atau mungkin kamu harus benar-benar mengunci pintu dan berpura-pura tidak ada di rumah.

Jelaskan pada keluarga
Penting untuk memberi penjelasan dan meminta pengertian pada anggota keluarga mengapa kamu harus menghindari gangguan. Beritahukan bahwa gangguan kecil saja sudah bisa memecah konsentrasi dan membuat pekerjaanmu sepuluh kali lipat lebih sulit.

Cari cara mengurus anak
Untuk anak-anak kecil, menitipkan mereka mungkin bisa membantu, kamu bisa titipkan mereka pada orang tua mu sementara waktu atau pada keluarga dekat. Jika istri tidak bekerja kamu bisa minta bantuannya untuk menangani anak-anak, kecuali jika kamu berencana untuk bekerja hanya ketika anak sedang tidur.

Latih anak dan pasangan untuk lebih mandiri
Penting untuk melatih anggota keluargamu untuk menjadi lebih mandiri dan bisa menyibukkan diri. jangan sampai kamu frustasi karena kamu satu-satunya orang tempat mereka bergantung sehari-hari.

Baca juga: Tunjangan Alat Kantor di Rumah Jadi Hal Umum Setelah Pandemi Covid-19

Pertahankan jam kerja yang konsisten
Cukup dengan tidak menjawab panggilan telepon dari orang selain rekan kerja selama bekerja sudah membantu dirimu untuk mempertahankan jam kerja. Jika telepon di luar urusan pekerjaan kamu ladeni semua jam kerja kamu bisa bertambah.

Melarikan diri
Jika semua cara yang kamu coba gagal, cobalah bekerja di luar atau menyewa coworking space. Namun tetap sambil menjaga aturan social distancing dan gunakan masker. Setelah itu saat pulang juga jangan lupa bersihkan semua gadget yang telah kamu gunakan. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply