Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Hati-hati, Orang Malas Cepat Tua

Ilustrasi. (dok. Alrabiya)

Topcareer.id – Kelamaan di rumah terus gara-gara pandemi corona bisa memicu kebiasaan kurang baik: rasa malas. Bagaimana tidak, lantaran di rumah terus, kamu jadi kurang gerak dan berolahraga. Di rumah, mobilitas kamu umumnya hanya tiga tempat: kamar tidur, WC, dan ruang TV atau keluarga. Hati-hati, rasa malas bikin kamu cepat tua.

Ya, kebiasaan bergerak tidak hanya pangkal sehat, tapi juga pangkal awet muda. Menurut sebuah penelitian yag dilakukan King’s College London, gaya hidup tidak aktif mempercepat proses penuaan.

Selama ini kita hanya tahu ogah bergerak bisa memicu beragam penyakit yang disebabkan gaya hidup seperti obesitas yang bisa memicu stroke hingga jantung atau diabetes. Namun, baru kali ini efeknya juga diketahui berdampak pada penuaan.

Baca juga: Penyebab Malas saat Work From Home dan Cara Mengatasinya

“Jadi, orang yang tidak suka bergerak tidak hanya rawan terhadap penyakit, tapi juga cepat tua,” kata Lynn F. Cherkas, salah satu peneliti, dikutip laman Healthday.

Kesimpulan tersebut didapat setelah peneliti menelaah aktivitas fisik, status sosial, dan ekonomi, serta kebiasaan merokok dari 2.401 orang kembar. Peneliti juga mengumpulkan sampel DNA dan mengukur panjang sel darah (leukosit)–daya tahan hidup leukosit menurun sejalan dengan penuaan.

Ternyata, responden yang biasa bergerak dan berolahraga kemampuan hidup leukositnya juga relatif lebih lama. Artinya, bila daya tahan tubuh baik, seseorang akan tampak lebih awet muda.*

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply