Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, June 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Manfaat Menunaikan Zakat bagi Seorang Muslim

Ilustrasi. (dok. Dompet Dhuafa)

Topcareer.id – Di bulan Ramadan, ada satu ibadah lain yang wajib dilakukan setiap Muslim: menunaikan zakat. Ia merupakan bentuk kepatuhan umat kepada Allah, termasuk berguna bagi sesama yang membutuhkannya.

Zakat mengajarkan seseorang akan keikhlasan dan kedermawanan, sekaligus meningkatkan rasa kepedulian terhadap penderitaan fakir miskin.

Selain memberikan manfaat dari segi keagamaan dan memperbaiki akhlak, zakat juga bisa dirasakan dari segi sosial. Apa saja manfaat yang bisa dirasakan bagi seseorang yang dengan ikhlas menunaikan zakat?

Pertama. Zakat bisa membantu fakir miskin dalam memenuhi kebutuhannya.

Kedua. Zakat mampu memperkuat tali persaudaraan dan ukhuwah islamiyah.

Baca juga: Begini Cara Agar Tetap Kuat dan Tak Lemas Selama Berpuasa

Ketiga. Menunaikan zakat bisa menghilangkan rasa iri hati dan dengki yang bersemayam di dada para fakir miskin. Keberadaan orang-orang kaya itu sama sekali tidak memberikan manfaat apapun bagi orang yang tidak mampu secara ekonomi.

Sedangkan para orang kaya itu tidak menunaikan zakat dan bersedekah kepada fakir miskin.Sehingga terhindar dari bentrokan secara fisik dan menghilangkan segala penyakit hati

Keempat. Menunaikan zakat bisa menambah harta dan meningkatkan keberkahan harta. Seperti yang tertuang di dalam hadist Nabi Muhammad yang menyatakan sedekah itu tidak mengurangi harta.

Kelima. Zakat akan memperluas peredaran harta. Hal ini karena dengan membayar zakat maka harta tidak berhenti pada satu titik, tapi bisa menyebar ke banyak orang.Dengan begitu manfaat zakat tidak hanya bersifat individu saja, tapi juga secara luas kepada masyarakat. * Sumber: Rumah Zakat

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply