Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 19, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Ketika Berusaha Menabung

Dok. Sean Grover

Topcareer.id – Menyimpan uang atau menabung sebetulnya tidaklah sulit, tetapi sangat mungkin untuk membuat kesalahan besar sepanjang jika kamu tidak berhati-hati.

Kenaikan harga beragam kebutuhan telah menyulitkan, ditambah lagi krisis akibat pandemi virus corona yang entah kapan akan berakhir membuat dampak pada penghasilan banyak pekerja.

Banyak orang yang ingin menghemat uang sebisa mereka. Sementara menabung tampaknya cukup mudah, namun tetap saja masih ada sejumlah besar orang yang melakukan kesalahan mendasar ketika mereka mencoba untuk menghemat uang.

Seperti dikutip dari Thestreet.com, ini adalah beberapa kesalahan umum yang dilakukan orang ketika mencoba menabung:

Baca juga: Alasan Mengapa Perempuan Lebih Dianjurkan Menabung untuk Pensiun

Menghentikan semua pengeluaran
Satu kesalahan besar yang dilakukan orang adalah mereka berhenti belanja karena ini tampaknya merupakan cara yang jelas untuk menghemat uang. Orang memang harus menghentikan pengeluaran untuk hal-hal yang tidak penting, tetapi tidak menghentikan pengeluaran untuk kebutuhan dasar.

Kamu memaksa diri menghemat uang dengan mengabaikan kesehatan karena tidak membeli bahan makanan. Sebaiknya kamu tetap memperhatiian kesehatan dengan tetap mengeluarkan biaya untuk belanja kebutuhan pokok dan melakukan medical cek up secara rutin. Ingat kesehatan mahal harganya.

Membeli harga murah, bukan membeli value
Orang sering berpikir bahwa cara terbaik untuk menabung adalah membeli produk apa pun yang merupakan harga terendah. Meskipun ini akan bekerja beberapa waktu, namun kunci nyata untuk menghemat uang adalah belajar membeli apa pun yang memiliki value atau kualitas terbaik. Contohnya kamu bisa membeli sereal nutrisi yang harganya sedikit lebih mahal, tetapi akan membuatmu lebih sehat, bukan sereal murah dengan banyak gula dan sedikit nutrisi yang justru mengancam kesehatanmu.

Kunci untuk menyimpan uang secara konsisten adalah belajar cara berbelanja untuk membeli barang yang punya nilai. Pertimbangkan faktor jangka panjang seperti berapa lama barang itu akan bertahan dan seberapa sering barang itu akan digunakan. Berbelanja value daripada harga murah akan menghemat banyak uang dalam jangka panjang.

Baca juga: Cara Mulai Menabung Dana Darurat

Menganggap harus menyangkal diri
Banyak yang merasa bahwa menabung membutuhkan penyangkalan terhadap hal-hal yang dinikmati, yang membuat seluruh proses menyakitkan. Untuk menghindari rasa sakit ini, mereka menunggu selama mungkin untuk mengambil langkah-langkah yang mereka butuhkan untuk menurunkan pengeluaran mereka dan menghemat uang.

Semakin lama mereka menunggu, semakin buruk masalahnya berarti semakin sulit untuk mendapatkan kembali keuangan mereka. Yang benar adalah bahwa menabung tidak harus menyakitkan, meskipun itu akan mengubah gaya hidup terkait dengan caramu membeli barang dan jasa. Pelajari cara mengurangi biaya tanpa menyerah adalah cara terbaik untuk mulai menabung dari anggaranmu saat ini.

Percaya untuk tidak perlu melakukan perubahan fundamental
Sama seperti diet, belajar menghemat uang lebih dari sekadar mengetahui apa yang perlu dilakukan. Banyak orang berpikir bahwa mereka dapat belajar menabung tanpa membuat perubahan mendasar dalam cara mereka saat ini melakukan sesuatu dan menganggap menabung sebagai masalah jangka pendek.

Dengan begini menghemat uang tidak pernah menjadi prioritas jangka panjang, yang berakibat tidak mampu menghemat uang. Kamu perlu melakukan perubahan mendasar dengan memasukkan metode penghematan uang yang kamu pelajari ke dalam gaya hidupmu. Ini biasanya termasuk perubahan dalam caramu membelanjakan uang dan perubahan untuk mengurangi pengeluaran saat ini. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply