Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 19, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Teknologi Terkini yang Mampu Mengubah Dunia

Topcareer.id – Semakin berkembangnya teknologi berbasis robot di hampir semua bidang, maka perubahan demi perubahan pun akan terus terjadi.

Seperti dikutip dari entrpreneur.com, Kamis (14/4/1010) berikut beberapa teknologi yang dipercaya mampu membawa perubahan besar pada dunia.

Voice Assistant
Dalam empat tahun ke depan, mayoritas rumah tangga Amerika diharapkan memiliki perangkat voice Assistant seperti Amazon Echo atau Apple Homepod, yang dilengkapi kekuatan kecerdasan buatan (AI).

Voice Assistant membuat dampak yang signifikan di pasar di seluruh dunia, dan beberapa pengamat berharap bahwa di masa depan manusia akan berkomunikasi dengan teknologi melalui suara daripada teks.

Crispr
Bayangkan sebuah dunia di mana penyakit genetik seperti Huntington dan cystic fibrosis dapat disembuhkan. CRISPR Cas-9 (Clinded Regularly Interspaced Short Repeats) adalah teknologi splicing gen yang mampu menemukan dan menghilangkan bagian DNA yang termutasi.

Setelah materi ini dihilangkan, teknologi crispr dapat menggantikan bagian yang bermutasi dengan varian yang tidak bermutasi. Singkatnya, crispr memiliki kekuatan untuk secara permanen menghilangkan beberapa jenis penyakit genetik dari garis darah.

Asisten robot
Perusahaan seperti Boston Dynamics telah mengembangkan berbagai macam asisten robot yang dapat digunakan di pabrik atau di medan perang. Perusahaan ini awalnya dimulai sebagai tangan kanan dari MIT dan sejak itu memelopori pengembangan robot cerdas yang beroperasi secara efektif di dunia nyata.

Augmented reality dan campuran
Hanya beberapa tahun yang lalu, tidak jelas apakah augmented reality atau campuran akan lepas landas.

Kini, ponsel terbaru Apple telah dilengkapi dengan kemampuan augmented reality, dan sebuah laporan baru-baru ini menunjukkan bahwa perusahaan ini sedang mengerjakan headset AR yang akan dirilis dalam dua hingga tiga tahun ke depan.

Regeneratif medis
Meskipun terdengar seperti fiksi ilmiah, dokter sudah memproduksi bagian tubuh buatan berdasarkan pesanan. Untuk memulai, dokter mengikis sel dari bagian tubuh yang bersangkutan, dan menumbuhkannya dalam cawan petri. Seiring waktu, bagian tubuh akan tumbuh cukup kuat sehingga dapat ditanamkan di dalam pasien.

Organovo telah mengembangkan printer yang mampu mencetak bagian-bagian tubuh secara 3D. Seiring waktu, teknologi baru ini akan menjadi semakin umum, dan mampu menyediakan penggantian organ yang dapat menyelamatkan nyawa.

Kendaraan tanpa supir
Pembuat mobil seperti Tesla, General Motors dan Volvo telah mengembangkan kendaraan semi-otonom. Tetapi, teknologi self-driving berkembang dengan cepat. Tesla bahkan telah siap meluncurkan taxi tanpa sopir.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply