Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

WHO: Butuh Waktu 5 Tahun agar Virus Corona Benar-Benar Terkendali

varian covid-19Ilustrasi virus corona. (dok. BBC)

Topcareer.id – Pandemi virus corona kemungkinan dapat berlanjut hingga paruh kedua dekade ini, seorang pejabat senior kesehatan global memperingatkan ketika angka kematian virus mencapai 300.000.

“Saya akan mengatakan dalam jangka waktu empat hingga lima tahun, kita bisa melihat cara mengendalikan ini,” kata Soumya Swaminathan, Kepala Ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kepada webinar Global Boardroom Financial Times, Rabu (13/5/2020).

Swaminathan mengatakan vaksin tampaknya menjadi jalan keluar terbaik saat ini tetapi memperingatkan ada banyak “jika dan tetapi” tentang keamanan, produksi dan distribusi yang adil.

Baca juga: WHO Peringatkan Lompatan Kasus di Negara yang Longgarkan Lockdown

Ia menambahkan, pengembangan vaksin yang efektif dan langkah-langkah lockdown yang berhasil adalah salah satu faktor yang pada akhirnya akan menentukan durasi pandemi, FT melaporkan.

Hingga saat ini, lebih dari 4,4 juta orang telah tertular infeksi Covid-19, dengan 302.452 kematian di seluruh dunia, menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins, Jumat (15/5/2020).

Mungkin saja virusnya ‘tidak akan pernah hilang’

Krisis kesehatan publik global berarti negara-negara secara efektif harus ditutup, dengan banyak pemimpin dunia memberlakukan pembatasan ketat pada kehidupan sehari-hari miliaran orang.

Langkah-langkah penguncian, yang bervariasi dalam aplikasi mereka tetapi secara luas mencakup penutupan sekolah, larangan pertemuan publik dan jarak sosial, diperkirakan akan menghasilkan penurunan ekonomi terburuk sejak Great Depression pada 1930-an.

Dalam beberapa minggu terakhir, beberapa negara telah berupaya untuk secara bertahap melonggarkan pembatasan, memungkinkan beberapa toko dan pabrik untuk membuka kembali.

Namun, munculnya kasus Covid-19 baru di Korea Selatan dan China telah memperburuk kekhawatiran tentang potensi infeksi gelombang kedua.

Badan Energi Internasional pada Kamis (14/5/2020) memperkirakan bahwa jumlah orang yang hidup di bawah tindakan penguncian pada akhir Mei akan turun menjadi 2,8 miliar orang di seluruh dunia, turun dari puncak baru-baru ini 4 miliar.

Pada briefing media terpisah, Dr. Mike Ryan, Direktur Eksekutif Program Kedaruratan WHO, mengatakan di markas besar organisasi itu bahwa coronavirus mungkin tidak akan pernah hilang.

Ketika diminta untuk menanggapi komentar Swaminathan sebelumnya, Ryan mengatakan tidak ada yang bisa memprediksi secara akurat kapan penyakit itu mungkin hilang.

Dia menambahkan bahwa mencoba mengendalikan virus akan membutuhkan “upaya besar-besaran,” bahkan jika vaksin ditemukan. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply