Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Sahabat Kena PHK? Hal Sederhana Ini Bisa Kamu Coba Lakukan untuk Dia

Ilustrasi. (dok. 123RF)

Topcareer.id – Di tengah pendemi global virus corona, banyak pekerja kena PHK (pemutusan hubungan kerja) sebagai dampak dari perusahaan yang gulung tikar atau melakukan pengurangan karyawan.

Mungkin sulit untuk berbicara dengan seorang sahabat setelah dia kehilangan pekerjaan, tetapi hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah berada di sana untuk sahabat kamu dan bersedia mendengarkannya.

Jika seorang kenalan atau sahabat kamu di-PHK atau dipecat, kamu mungkin ingin menyampaikan belasungkawa dan dukungan. Biarkan orang itu menghubungi kamu dengan persyaratannya sendiri. Dikutip dari Work.chron.com, Kamis (14/5/2020) begini cara untuk menawarkan dukunganmu.

Mendengarkan
Langkah pertama untuk membantu sahabat kamu setelah kehilangan pekerjaan adalah mencari tahu bagaimana perasaan orang itu. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mendengarkan sahabat kamu dengan empati.

Berikan dukungan emosional
Jika sahabat kamu marah atau sedih, beri tahu dia bahwa kamu bisa memberikan dukungan emosional. Biarkan sahabat kamu tahu bahwa kamu yakin dia tetap layak jadi sahabatmy dengan atau tanpa pekerjaan.

Baca juga: Menko: 1,7 Juta Pekerja di Indonesia Kena PHK dan Dirumahkan

Tawarkan dukungan nyata
Tawarkan dukungan nyata tanpa terlalu mendorongnya. Misalnya, kamu mungkin dapat membantu sahabat kamu menentukan apa yang harus dilakukan kedepannya. Saat sahabat kamu siap, tawarkan bantuan dengan membantu melakukan pencarian pekerjaan dengan membaca atau mengedit surat lamaran dan resumenya, atau mencarikan prospek pekerjaan dan kemungkinan koneksi.

Tetap terhubung
Seiring berjalannya waktu, tetaplah terhubung dengan sahabatmu. Sementara dia mungkin hanya menginginkan ruang atau waktu, beri tahu orang itu bahwa kamu tetap ada untuk dirinya. Jika sahabat kamu terlihat menyukai gagasan itu, jadwalkan beberapa hal menyenangkan dan murah untuk dilakukan bersama. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply