Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, June 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cara Mudah Periksa Kesehatan Kulit Secara Mandiri di Rumah

Dok. Healthiz

Topcareer.id – Di tengah kondisi pandemi ini, kita dituntut untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Cobalah untuk sering-sering memeriksakan diri secara mandiri. Termasuk memeriksa kesehatan kulit, apakah ada tahi lalat, luka atau ruam. Bagaimana periksanya?

Pemeriksaan kulit juga penting untuk dijaga. Untungnya, cukup mudah untuk memeriksa abnormalitas masalah kulit di rumah.

“Untuk pemeriksaan kulit sendiri, kamu tidak perlu sesuatu yang istimewa, hanya cermin ukuran penuh, pencahayaan bagus dan cermin tangan kecil,” kata Mary Ann D. Bentz, dokter kulit bersertifikat di Dermatology Associates of Southeastern Connecticut, dikutip dari HuffPost.

Untuk melakukan pemeriksaan kulit sendiri, Bentz merekomendasikan membuka pakaian dan memandang diri sendiri di cermin full-length – depan dan belakang, di bawah lenganmu, keseluruhan tubuh, setidaknya sebulan sekali.

Dia menambahkan, coba duduk dengan cermin di tangan, itu memungkinkanmu melihat area tubuh yang lebih sulit dilihat seperti bagian belakang kaki, siku, dan pantat. Lihat tahi lalat baru atau tempat yang tampak berbeda? Saat itulah menjadi peringatan dini untuk ke dokter.

Baca juga: Kulit Wajah Kusam Selama di Rumah Saja? Ini Alasannya

“Kamu perlu mencari luka yang tidak sembuh, yang bisa menjadi tanda sel basal atau kanker kulit sel skuamosa,” katanya.

“Jerawat dan gigitan serangga harus bergerak, mereka seharusnya tidak berada di tempat yang sama minggu demi minggu. Kamu juga perlu mencari tahi lalat baru dan tahi lalat yang berubah warna. Itu bisa menjadi tanda melanoma berbahaya.”

Jika kamu melihat sesuatu yang dipertanyakan, Bentz menyarankan memanggil atau mencari dokter kulit untuk menjadwalkan kunjungan virtual. Benjolan, ruam, dan tahi lalat yang mencurigakan dapat ditunjukkan ke dokter dengan mudah melalui video atau foto.

 “Sangat penting untuk melihat kulitmu. Ini sangat sederhana, membutuhkan waktu kurang dari lima menit dan bisa menyelamatkan hidupmu,” kata Bentz. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply