Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, May 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Aman Pesan Makanan saat Pandemi Covid-19

Sumber foto: Shutterstock

Topcareer.id – Dibatasinya aktivitas untuk keluar rumah di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat sebagian dari kita memanfaatkan jasa ojek online (ojol) untuk membeli barang yang kita inginkan, termasuk makanan.

Tapi, apakah membeli makanan dari luar, menggunakan layanan antar dari pihak lain selama pandemi Covid-19 ini aman?

Dikutip dari beberapa sumber, berikut tips agar makanan yang kamu pesan tidak menjadi tempat penyebaran virus corona.

Pilih restoran yang tepercaya
Langkah pertama, pastikan kamu memilih tempat makan yang tepercaya dan sering kamu kunjungi, sehingga kamu sudah tahu tingkat kebersihan dari makanan itu sendiri. Selain itu, karena sudah beberapa kali memesan, tentu kamu tidak akan kecewa ketika menjajal rasanya kan?

Pesan makanan matang
Tak hanya saat pandemi Covid-19 saja, pada hari normal pun, sangat dianjurkan bagi kamu untuk mengonsumsi makanan matang. Hal ini untuk menghindari adanya infeksi dari bakteri atau virus-virus yang terkandung dalam makanan yang tidak matang. Jangan lupa juga untuk meminta pihak restoran agar membungkus makanan kamu dengan rapat dan benar ya.

Batasi kontak langsung
Ketika kamu menggunakan jasa ojol untuk mengantarkan makanan pesanan kamu, sebisa mungkin batasi kontak langsung dengan memintanya menaruh bungkusan tersebut di tempat yang telah kamu sediakan. Misalnya meja kecil atau digantung pada pagar rumah.

Usahakan juga untuk membayar jasa mereka secara non tunai. Jika kamu terpaksa menggunakan uang tunai, bayarlah dengan uang pas.

Pindahkan makanan
Jika makanan yang kamu pesan sampai di tanganmu, pastikan kamu langsung memindahkannya ke mangkuk atau piring kamu sendiri.

Hindari untuk memakai peralatan makanan seperti sendok, garpu atau sumpit yang diberikan restoran. Selama proses ini, kamu juga dilarang memegang wajah atau benda lain yang ada di sekitar kamu, setidaknya sampai kamu mencuci tanganmu dengan sabun dan air mengalir hingga bersih.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply