Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, May 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Mencari Pekerjaan Baru di Tengah Pandemi

Sumber foto: GlassdoorSumber foto: Glassdoor

Topcareer.id – Kehilangan pekerjaan di tengah pandemi covid-19 memang sangat menyedihkan. Namun, kamu tak sendirian. Ada jutaan orang di luar sana yang bernasib serupa.

Kenyataan itu mungkin sedikit “menghibur”, namun juga sebuah tantangan lain: kamu bersaing dengan begitu banyak orang untuk meraih pekerjaan baru.

Untuk itu kamu perlu punya trik khusus agar lamaran kamu lebih dilirik pemberi kerja. Berikut beberapa trik yang kami salin dari CNN.

Update resume kamu. Perjelas apa yang kamu bisa berikan pada perusahaan baru nanti, dan beri detil prestasi yang pernah kamu raih. Paparkan dengan spesifik jenis pekerjaan yang pernah kamu lakukan dan tanggung jawab kamu di pekerjaan terdahulu.

Baca juga: Usai Covid-19, Lingkungan Kantor Bakal Adopsi Model Kerja Hibrida

Perlu juga untuk me-highlight soft skill kamu—misalnya komunikasi dan pengalaman kepemimpinan—atau kemampuan beradaptasi dengan pekerjaan baru jika kamu mengincar bekerja di industri yang berbeda.

Lakukan riset. Sebelum menulis lamaran, cari tahu dulu tentang posisi yang hendak kamu lamar dan perusahaan yang menyediakan lowongan itu. Perhatikan kata-kata di lowongan dan gunakan itu agar resume kamu cocok dengan kriteria yang dicari perusahaan.

Buatlah tabel berisi daftar lamaran yang sudah kamu kirim berikut jenis pekerjaan yang dicari. Jadi, begitu ada pihak perusahaan menghubungi, kamu sudah siap menjawab kemampuan apa saja yang dibutuhkan perusahaan.

Baca juga: Busana Ini Akan Buat Kamu Gagal Saat Wawancara Kerja Lewat Video

Perbanyak keahlian kamu. Jika belum dapat pekerjaan, isi waktu luang dengan kelas atau kursus online. Nantinya, itu tidak hanya berguna untuk mengisi CV, tapi juga bisa kamu highlight saat wawancara. Ini bisa jadi poin kalau kamu orang yang ingin terus belajar dan berkembang.

Belajar untuk menjual diri. Dengan begitu banyak orang yang mencari kerja saat ini, perusahaan ingin melihat calon karyawannya berbeda dari yang lain. Perlihatkan kamu orang yang percaya diri dan mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja baru. Bersiaplah untuk membagikan cerita nyata yang membuktikan kamu seorang pemain tim dan siap membawa perusahan melalui masa-masa yang tak pasti seperti saat ini.

Mintalah bantuan. Kamu tak pernah tahu dari mana pekerjaan barumu nati berasal. Memang saat semua orang banyak berada di rumah saat ini, susah untuk bertatap muka dan menanyakan lowongan pekerjaan.

Namun, kamu tetap bisa menghubungi teman, kolega, atau kerabat mencari perusahaan mana yang membuka lowongan. Cari info sebanyak mungkin, sambil ceritakan pengalaman dan kemampuan kamu. *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply