Dorong pemasaran online
Sektor Industri Kecil Menengah (IKM) merupakan salah satu yang paling terdampak pandemi Covid-19. Karena itu, Kemenperin berkomitmen terus mendukung IKM, salah satunya dengan memaksimalkan pemasaran produk IKM melalui platform e-commerce.
Untuk mendukung pemasaran produk IKM secara online, Kemenperin memberikan fasilitasi kepada pengusaha IKM, seperti melalui program e-Smart IKM.
Diluncurkan sejak 2017 lalu, program e-Smart IKM dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku IKM untuk mampu memasarkan produknya lewat platform digital. Hingga saat ini, program tersebut sudah diikuti oleh 11.167 IKM di seluruh Indonesia.
Menperin juga mengajak agar masyarakat dapat ikut serta membantu IKM dengan berbelanja produk-produk yang mereka hasilkan, sehingga para pelaku industri dapat terus bertahan di masa pandemi Covid-19.