Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Di Rumah Saja? Jenis Olahraga Ini Baik untuk Kekuatan Otak

Ilustrasi. (dok.Mic)

Topcareer.id –  Kita semua tahu olahraga baik untuk kesehatan, mulai dari peningkatan energi hingga rutinitas tidur yang lebih baik. Para dokter juga menekankan pentingnya rutinitas olahraga pribadi untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Tapi, penelitian baru dari Asisten Project Scientist Hui-quan Li dan Profesor terhormat Nick Spitzer dari University of California San Diego ini mungkin menginspirasimu untuk menumbuhkan kebiasaan baru selama masa di rumah saja: berlari di atas treadmill.

Menurut Li dan Spitzer, berlari di atas treadmill, atau melakukan latihan aerobik berkelanjutan lainnya, seperti menari atau kickboxing, secara teratur sebenarnya dapat meningkatkan pembelajaran berbasis keterampilan motorik.

Baca juga: Haruskah Tetap Pakai Masker Saat Olahraga Lari? Ini Kata Ahli

Ketika membandingkan otak tikus yang berolahraga dengan mereka yang tidak, Li dan Spitzer menemukan bahwa neuron spesifik mengganti sinyal kimianya (neurotransmitter), setelah berolahraga, yang mengarah pada peningkatan pembelajaran untuk akuisisi khusus keterampilan motorik.

Sementara latihan fisik terbukti mempromosikan pembelajaran keterampilan motorik pada individu normal dan juga mereka yang memiliki gangguan neurologis, mekanisme tindakannya tidak jelas.

Studi ini menemukan bahwa satu minggu menjalankan roda berputar secara sukarela meningkatkan perolehan keterampilan motorik pada tikus dewasa normal. Sukarela menjadi kata kunci di sini.

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat untuk Berolahraga saat Puasa

“Studi ini memberikan wawasan baru tentang bagaimana kita menjadi baik dalam hal-hal yang membutuhkan keterampilan motorik dan memberikan informasi tentang bagaimana keterampilan ini sebenarnya dipelajari,” kata Spitzer, Ketua the Atkinson Family Chair  di Bagian Ilmu Biologi Neurobiologi dan direktur Institut Kavli untuk Brain and Mind, dalam sebuah pernyataan dikutip dari The Ladders.

Li menyarankan bahwa hasil dari penelitian ini lebih lanjut menekankan pentingnya menciptakan hubungan yang sehat dengan olahraga, bahkan jika kamu berada di rumah dan berlindung di tempat dan lebih suka mengambil lebih banyak latihan berbasis petualangan.

“Studi ini menunjukkan bahwa otak baik untuk menambah lebih banyak plastisitas. Bagi orang yang ingin meningkatkan pembelajaran keterampilan motoriknya, mungkin berguna untuk melakukan beberapa latihan demi mempromosikan bentuk plastisitas ini untuk memberi manfaat bagi otak,” tambah Li.

Misalnya, kata dia, jika kamu ingin belajar dan menikmati olahraga yang menantang seperti berselancar atau panjat tebing ketika kita tidak lagi berlindung di rumah, akan lebih baik untuk secara rutin berlari di treadmill atau mempertahankan latihan yoga di rumah sekarang.

 “Dengan pemahaman tentang mekanisme ini, muncul peluang untuk memanipulasi dan memanfaatkannya untuk tujuan bermanfaat lebih lanjut. Pada individu yang terluka atau meninggal, itu bisa menjadi cara untuk membalikkan keadaan untuk meningkatkan sistem saraf.” *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply