Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Memasak Bantu Tekan Stres selama Lockdown

Sumber foto: healthline.com

Topcareer.id – Pandemi global virus corona telah memaksa sebagian besar masyarakat untuk tetap berada di rumah. Ini tentu saja membuat banyak orang merasa stres.

Beragam cara dilakukan untuk mengantisipasi dan mengatasi masalah stres akibat lockdown. Banyak orang mencoba menyalurkan hobinya, salah satunya dengan memasak.

Saat ini, banyak klinik kesehatan mental dan kantor terapis yang menggunakan sesi memasak sebagai bagian dari perawatan berbagai kondisi kesehatan mental dan perilaku, termasuk depresi, kecemasan, hingga gangguan makan.

Mengutip psychologytoday.com, Rabu (27/5/2020), berikut beberapa alasan mengapa memasak bisa membantu mengatasi stres.

Resep masakan untuk pikiran yang sehat
Satu hubungan yang jelas antara memasak dan kesehatan mental adalah nutrisi. Akan lebih mudah bagi kamu untuk mengontrol kualitas diet ketika kamu menyiapkan makanan sendiri. Ada pengakuan yang berkembang bahwa memilih menu diet berkualitas tinggi memainkan peran utama dalam menjaga otak tetap sehat.

Menambah semangat
Proses memasak bisa menyehatkan kesehatan psikologis. Sebagai contoh, saat mengupas dan memotong buah-buahan seperti jeruk, cobalah amati kulit, warna, dan aroma segarnya.

Saat kamu mengupas jeruk, perhatikan sensasi seperti semprotan gas. Setelah itu, makanlah dan nikmati betapa juicy rasanya.

Saat kamu berfokus pada momen dengan cara ini, kamu cenderung tidak merenungkan masa lalu atau mengkhawatirkan masalah di masa depan. Perhatian penuh saat memasak juga membantu mengurangi stres dan meningkatkan semangat hidup yang lebih besar.

Taburan kreativitas
Bagi banyak orang, memasak adalah saluran untuk ekspresi kreatif. Tinggalkan buku resep dan pikirkan rasa yang kamu sukai, lalu cobalah menggunakan ide kamu sendiri.

Ketika kamu berhasil mengembangkan resep baru kamu sendiri, pencapaian yang kamu rasakan sesudahnya bisa menjadi pendorong rasa percaya diri dan mampu mengobati stres.

Memasak itu menyenangkan
Kamu dapat memperoleh kesenangan dari memasak yang tidak kamu dapatkan dari kegiatan lain seperti melipat cucian atau membersihkan rumah.

Untuk tetap merasa senang, coba beri dirimu izin untuk berkreasi dengan makanan yang kamu masak. Nikmati prosesnya dan jangan khawatir tentang kesempurnaan.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply