Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Kelak, Kepribadian Kandidat Kerja Bisa Ditentukan dari Foto Selfie

Ilustrasi. (dok. Dx0mark)

Topcareer.id – Ya, foto selfie kamu di Instagram bisa menentukan kamu diterima atau tidak untuk sebuah pekerjaan.

Perlu dipahami bahwa teknologi terus berkembang, ditambah kondisi saat ini di mana dunia kerja lebih erat dengan hal-hal virtual. Tak menutup kemungkinan bahwa nantinya dalam proses perekrutan ada tahap analisis wajah kandidat lewat foto selfie.

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti dari dua Universitas Moskow, Universitas HSE (Sekolah Tinggi Ekonomi) dan Universitas Terbuka untuk Humaniora dan Ekonomi, menyimpulkan bahwa teknologi pengenalan wajah modern dapat menentukan tipe kepribadian seseorang 58% dari waktu selfie yang diajukan oleh kandidat.

Dua belas ribu sukarelawan mengunggah 31.000 selfie untuk membantu penelitian. Foto-foto selfie ini kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama dianalisis melalui sistem Artificial Intelligence (AI) tradisional dan yang lain digunakan untuk menguji jaringan syaraf baru yang lebih intuitif.

 “Ada banyak bukti bahwa isyarat morfologis dan sosial dalam wajah manusia memberikan sinyal kepribadian dan perilaku manusia. Studi sebelumnya telah menemukan hubungan antara fitur gambar wajah komposit buatan dan atribusi sifat kepribadian oleh para ahli manusia,” kata para penulis dalam makalah baru, seperti dalam laman The Ladders.

Temuan ini, tulis laporan itu, sangat mendukung kemungkinan memprediksi profil kepribadian multidimensi dari gambar wajah statis menggunakan artificial neural network (ANN) yang dilatih pada dataset berlabel besar.

Baca juga: Selfie Setiap Hari, Tanda Punya Kepribadian Narsistik

“Penelitian di masa depan dapat menyelidiki kontribusi relatif dari fitur morfologis wajah dan karakteristik gambar wajah lainnya untuk memprediksi kepribadian.”

Menilai ciri-ciri kepribadian Lima Besar menggunakan gambar wajah statis kehidupan nyata

Dengan menggunakan jaringan saraf tiruan, para peneliti di balik studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, menilai 128 faktor berbeda dari wajah seseorang , termasuk lebar mulut, dan tinggi bibir atau mata.

Proses ini menghasilkan lima tipe kepribadian luas: keterbukaan, kesadaran, bergaul, persetujuan, dan neurotisme-OCEAN.

Baca juga: Jawaban Fotografer Profesional Kenapa Cewek Suka Selfie Angle Atas

“Keuntungan dari metodologi kami adalah relatif sederhana – tidak bergantung pada pemindai 3D, dan dapat dengan mudah diimplementasikan menggunakan komputer desktop,” jelas, Dr. Evgeny Osin, penulis bersama studi tersebut.

“Studi ini menyajikan bukti baru yang mengkonfirmasi bahwa kepribadian manusia terkait dengan penampilan wajah individu.”

Menurut Dr. Osin, hasil penelitian menunjukkan bahwa foto kehidupan nyata yang diambil dalam kondisi yang tidak terkontrol dapat digunakan untuk memprediksi tipe kepribadian dengan algoritma penglihatan komputer yang kompleks.

AI bahkan dapat memperkirakan faktor gaya hidup seperti kesehatan fisik, temperamen, dan kecenderungan hubungan, dengan akurasi yang mengkhawatirkan. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply