Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, September 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cara Content Creator Monetisasi Instagram Lewat Iklan IGTV dan IG Live

IGTV.

Topcareer.id – Selama bertahun-tahun, orang telah membangun brand dan bisnis mereka sendiri di Instagram, dan telah membantu Instagram membangun bisnisnya. Sementara layanan berbagi foto dan video dengan senang hati membantu para pengguna memonetisasi pengikut mereka, itu sebagian besar terjadi di luar platform.

Influencer membuat kesepakatan dengan brand untuk membuat posting yang disponsori, atau mengatur pembagian pendapatan untuk merekomendasikan produk tertentu. Tidak seperti platform video YouTube dan Twitch, Instagram tidak pernah menempatkan content creator-nya dalam daftar gaji sampai sekarang.

Hingga, Rabu (27/5) kemarin, pihak Instagram mengumumkan dua cara baru bagi pengguna dengan akun “creator” untuk menghasilkan uang: Ads atau iklan di IGTV dan badges atau lencana untuk Instagram Live.

Baca juga: Instagram Permudah Cara Blokir dan Hapus Komentar Bullying

Iklan IGTV akan mulai muncul minggu depan, dan Instagram akan membagi pendapatan, dengan setidaknya 55 persen akan menjadi hak pencipta — sebanding dengan YouTube. Perusahaan juga akan memberi para penggemar kesempatan untuk mensponsori creator dan bisnis favorit mereka dengan “badges” berbayar di video Instagram Live, yang harganya kurang dari USD 5 dan menempatkan ikon kecil berbentuk hati di sebelah nama mereka.

Kini Instagram sedang menguji kedua fitur tersebut dengan sekelompok kecil creator (dan pengiklan, untuk iklan IGTV), sebelum meluncurkannya secara lebih luas.

Instagram mengatakan fitur-fitur barunya dimaksudkan untuk membantu banyak orang. Ambil contoh seperti Charlee Atkins, seorang pelatih kebugaran yang berbasis di New York. Pelatihan langsung Atkins di tempat gym sedang dihentikan sementara akibat locldown, jadi dia telah mengadakan kelas kebugaran harian di Instagram Live untuk 120.000 lebih pengikutnya.

Dengan badges, latihan Instagram Live Atkins masih akan gratis, tetapi sekarang penggemar yang ingin mendukungnya dapat membayar uang langsung di dalam aplikasi. Membayar untuk sebuah badges di Instagram TV tidak memerlukan biaya banyak — pemirsa dapat membayar USD 0,99, USD 1,99, atau USD 4,99, nanti content creator akan mengantongi semua penghasilan mereka.

Baca juga: Pendapatan Instagram di 2019 Kalahkan YouTube

Viewers atau penonton yang membeli badges/lencana akan menunjukkan satu, dua, atau tiga ikon hati di sebelah nama pengguna mereka, tergantung pada berapa banyak yang mereka bayarkan, yang menurut Instagram akan membuat komentar mereka menonjol di live feed.

Di Instagram Live, banyak dari creator menciptakan kembali pekerjaan yang mereka lakukan sebelumnya. Instagram mengatakan melihat peningkatan aktivitas di Instagram Live, peningkatan 70 persen dalam penayangan dari Februari hingga Maret. Dan content creator seperti Atkins mengatakan, keterlibatan dari pemirsa lebih tinggi dari sebelumnya, karena lebih banyak orang tinggal di rumah dan dunianya pindah ke dalam smartphone mereka.

Instagram mengatakan berkomitmen untuk membuat pengiklan merasa aman. Facebook, induk perusahaan dari Instagram, juga memiliki daftar pedoman untuk monetisasi konten, meskipun perusahaan media sosial memiliki sejarah kontroversi moderasi sendiri. Instagram telah menjelaskan bahwa alat monetisasi barunya dimaksudkan sebagai pelengkap cara influencer menghasilkan uang, bukan sebagai pengganti ekosistem yang ada untuk penawaran sponsor dan brand ambassadorships.

Baca juga: 3 Alasan Instagram Begitu Populer

“Menyediakan berbagai alat monetisasi sangat penting untuk mendukung semua content creator di Instagram,” Justin Osofsky, COO Instagram, mengatakan dalam sebuah pernyataan. Tools baru nantinya dimaksudkan untuk membantu para content creator “menghasilkan pendapatan tambahan untuk mendukung pekerjaan mereka.”

Itu bisa memberi content creator insentif baru untuk memposting karya terbaik mereka di Instagram, apakah itu kelas olahraga, rutinitas kecantikan, atau mengintip ke dalam rumah mereka. Sekarang, bersiaplah untuk melihat feeds Instagram kamu semakin banyak dihiasi oleh IGTV. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply