Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Orang Manipulatif Bisa Hancurkan Hidupmu, Begini Cara Hadapinya (Bagian 1)

Sumber foto: freepik.com

Topcareer.id – Orang yang manipulatif adalah mereka yang menyamarkan kepentingan mereka agar bisa memanfaatkan dirimu untuk mencapai tujuannya.

Orang-orang ini akan melakukan apapun untuk memanipulasi kamu agar percaya bahwa pendapat mereka adalah fakta objektif. Padahal, orang-orang ini sebenarnya tidak ingin membantumu. Mereka hanya ingin mengendalikanmu.

Oleh karena itu, jangan mau berkutat dengan perilaku pasif-agresif orang manipulatif. Milikilah kepercayaan diri yang cukup dalam dirimu untuk mengatasinya.

Seperti dikutip dari Linkedin, Senin (1/6/2020), Berikut beberapa tips untuk menghadapi orang manipulatif.

Bagian pertama dari tulisan.

Abaikan semua yang mereka lakukan dan katakan
Saat berhadapan dengan orang yang manipulatif, kesalahan terbesar yang biasa kamu lakukan adalah berusaha memperbaikinya. Dengan mengoreksi mereka, kamu justru tenggelam lebih dalam ke perangkap mereka.

Orang yang manipulatif akan menggunakan rasa frustrasi dan kebingungan untuk memancing kamu ke dalam konflik. Mereka ingin membuatmu emosional sehingga mereka dapat melihat bagaimana cara mengendalikanmu. Strategi yang lebih baik adalah abaikan mereka sepenuhnya.

Pukul pusat gravitasi mereka
Orang yang manipulatif akan terus-menerus menggunakan strategi mereka sendiri untuk melawan kamu. Mereka akan menahan tindakan masa lalu di atas kepala kamu.

Jika kamu terpaksa berurusan dengan orang yang manipulatif yang membuat hidupmu sengsara, temukan pusat atau gravitasi manipulasi mereka. Pusat ini mungkin berupa teman, manajer, atau bawahannya.

Setelah kamu mengetahui apa pusat gravitasi mereka, buat sekutu dengan orang-orang yang dekat dengan mereka, lalu sedot habis sumber daya berharga mereka.

Percaya pada dirimu sendiri
Kamu lebih tahu yang terbaik untuk hidupmu daripada orang lain. Berhentilah mencari orang lain untuk mendefinisikan diri kamu. Percayalah pada dirimu sendiri. Keyakinan kamu adalah batasmu.

Dengan menetapkan keyakinan pada diri kamu sendiri dan berpegang teguh pada keyakinan itu, kamu akan mencegah orang manipulatif untuk mempengaruhi hidupmu.

Cobalah untuk tidak menyesuaikan diri
Orang yang manipulatif ingin kamu konsisten sehingga mereka dapat mengandalkan kamu untuk mendorong rencana mereka ke depannya. Konsistensi adalah bagaimana manipulator menjaga kamu dalam sebuah kotak. Begitulah cara mereka mengendalikanmu.

Satu-satunya cara agar tidak dimanipulasi adalah dengan secara aktif mendorong semua batasan yang orang lain coba tetapkan untuk kamu. Berhentilah terlalu banyak menyesuaikan diri.

Sebagai gantinya, berusahalah untuk lebih menonjol dalam segala hal, dan jangan pernah bertahan dalam satu bidang terlalu lama.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply