Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 20, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Orang Manipulatif Bisa Hancurkan Hidupmu, Begini Cara Hadapinya (Bagian 2)

Ilustrasi. Sumber foto: abc.net.auIlustrasi. Sumber foto: abc.net.au

Topcareer.id – Orang yang manipulatif adalah mereka yang menyamarkan kepentingan mereka agar bisa memanfaatkan dirimu untuk mencapai tujuannya.

Orang-orang ini akan melakukan apapun untuk memanipulasi kamu agar percaya bahwa pendapat mereka adalah fakta objektif. Padahal, orang-orang ini sebenarnya tidak ingin membantumu. Mereka hanya ingin mengendalikanmu.

Oleh karena itu, jangan mau berkutat dengan perilaku pasif-agresif orang manipulatif. Milikilah kepercayaan diri yang cukup dalam dirimu untuk mengatasinya.

Seperti dikutip dari Linkedin, Senin (1/6/2020), Berikut beberapa tips untuk menghadapi orang manipulatif.

Bagian akhir dari tulisan.

Berhenti berkompromi
Rasa bersalah adalah emosi yang tidak berguna. Ini merupakan salah satu senjata yang akan digunakan orang manipulatif untuk melawanmu. Mereka akan membuatmu merasa bersalah atas kegagalan masa lalu dan kesalahan kecil. Mereka juga akan bekerja untuk menanamkan rasa keraguan diri dalam diri kamu.

Ketika keraguan tentang kemampuan dan nilai berhasil merasuki kamu, pengaruh mereka menjadi lebih kuat hingga kamu tertarik menuruti mereka. Solusinya sederhana, berhentilah merasa bersalah, berhentilah berkompromi, dan berhentilah meragukan diri sendiri.

Jangan pernah meminta izin
Orang yang manipulatif ingin kamu merasa terikat pada aturan imajiner atau cita-cita yang mengatakan bahwa kamu tidak dapat dengan bebas mengambil tindakan tanpa meminta ijin kepada mereka terlebih dahulu.

Yang benar adalah, kamu dapat mengambil tindakan untuk memajukan karier kamu sendiri, kapan pun kamu mau.

Buat tujuan yang lebih besar
Alasan manipulator terus berkembang di dunia ini adalah karena begitu banyak orang tidak tahu untuk apa mereka bekerja. Ketika hidup kamu tidak memiliki tujuan, kamu akan percaya apa pun dan melakukan apa saja.

Manipulator mengendalikan orang yang tidak memiliki tujuan dengan menjajakan informasi dan kegiatan yang tidak berguna kepada mereka.

Satu-satunya cara untuk melepaskan diri dari nasib ini adalah menumbuhkan tujuan. Ketika kamu tahu pasti ke mana tujuanmu dan fokus, manipulator tidak akan bisa menyakitimu.

Bertanggung jawab untuk diri sendiri
Berhentilah membiarkan manipulator menguasai kamu. Berhentilah menjadi karung tinju mereka. Milikilah cukup kesadaran diri dan harga diri untuk mengatakan tidak pada orang yang memperlakukanmu dengan buruk.

Ingat! Kamu bertanggung jawab atas keberhasilan dan kegagalanmu sendiri.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply