Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Wabah Corona, Kekayaan Miliarder Amerika Ini Justru Bertambah

Mark Zuckerberg, CEO Facebook. (dok. Variety)

Topcareer.id – Di tengah meningkatnya pandemi virus corona, beberapa miliarder di Amerika justru mendapati kekayaan mereka melonjak tinggi sebesarUSD 434 miliar selama lockdown antara pertengahan Maret hingga pertengahan Mei 2020.

Kekayaan Jeff Bezos dari Amazon bertambah USD 34,6 milyar, dan Mark Zuckerberg dari Facebook kekayaannya bertambah USD 25 milyar, menurut laporan dari Americans for Tax Fairness and the Institute for Policy Studies’ Program for Inequality. Laporan ini didasarkan pada data Forbes pada lebih dari 600 miliarder Amerika antara 18 Maret dan 19 Mei selama lockdown.

Keuntungan miliarder disorot lantaran pandemi virus corona telah memberi keuntungan kepada perusahaan terbesar dan paling berfokus pada teknologi, bahkan ketika ekonomi dan tenaga kerja bergulat dengan krisis ekonomi terburuk dalam sejarah baru-baru ini.

Baca juga: Jeff Bezos Diprediksi Menjadi Triliuner Pertama di Dunia pada 2026

Menurut laporan itu, kekayaan bersih miliarder Amerika tumbuh 15% selama periode dua bulan, menjadi USD 3,382 triliun dari USD 2,948 triliun. Keuntungan terbesar berada di puncak piramida miliarder, dengan lima miliarder terkaya yaitu Jeff Bezos, Bill Gates, Mark Zuckerberg, Warren Buffett, dan Larry Ellison keuntungan kekayaan gabungan mereka sebesar USD 76 miliar.

Elon Musk memiliki persentase keuntungan terbesar dari miliarder Amerika selama dua bulan terakhir sejak April, kekayaan bersihnya melonjak 48% menjadi USD 36 miliar.

Mark Zuckerberg berada di belakang Elon Musk, kekayaannya melonjak 46% dalam dua bulan, menjadi USD 80 miliar. Kekayaan Jeff Bezos meningkat sebesar 31% menjadi USD 147 miliar. Sedangkan mantan istri Bezos, MacKenzie Bezos, yang menerima saham Amazon dalam perceraian mereka, juga melihat kekayaannya meningkat menjadi USD 48 miliar.

Baca juga: Empat Jalan Jadi Kaya Raya. Mana Jalur Paling Cepat?

Untuk tahun ini, kekayaan Warren Buffett telah menurun USD 20 miliar, menurut Bloomberg Billionaire’s Index, sementara Bill Gates turun sebesar USD 4,3 miliar.

Namun ada juga miliarder yang mengalami penurunan kekayaan selama periode lockdown dua bulan terakhir, terutama untuk miliarder dalam industri travel, perhotelan atau bisnis ritel yang stok dan perusahaannya belum pulih.

Ralph Lauren kekayaannya turun USD 100 juta menjadi USD 5,6 miliar, sedangkan pengusaha hotel John Pritzker mendapati kekayaannya turun USD 34 juta menjadi $ 2,56 miliar. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply