Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, August 14, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Empat Jalan Jadi Kaya Raya. Mana Jalur Paling Cepat?

Ilustrasi. (dok. fr.dreamstime)

Topcareer.id – Untuk mencapai kesuksesan finansial memang bukan jalan yang mudah dilalui, dan bahkan tidak diraih dengan cepat. Tapi, hal spesifik apa yang dilakukan orang kaya setiap hari yang tidak dimiliki setiap orang? Apakah ada formula khusus untuk mengumpulkan kekayaan secara ekstrem?

Tom Corley, seorang akuntan, perencana keuangan, dan penulis buku Rich Habits: The Daily Success Habits of Wealthy Individuals, mengamati untuk menjadi miliarder sukses.

“Menurut penelitian Rich Habits saya, di mana saya menghabiskan 5 tahun mengamati dan mendokumentasikan aktivitas harian 233 orang kaya (memiliki setidaknya USD160 ribu dalam pendapatan kotor tahunan dan USD3,2 juta dalam aset bersih), saya menemukan bahwa ada empat jalur utama untuk menjadi multijutawan,” kata Tom ditulis dalam CNBC Make It. Apa sajakah itu?

Baca juga: Siapa Orang Terkaya Indonesia Tahun 2019? Ini Pilihan Forbes

1. Jalur Saver-Investors

Tidak peduli apa pekerjaan harian mereka, individu dalam grup ini menjadikan menabung dan berinvestasi sebagai bagian dari rutinitas harian mereka. Mereka terus-menerus memikirkan cara-cara cerdas untuk menumbuhkan kekayaan mereka.

2. Jalur Company Climbers

Individu ini bekerja untuk perusahaan besar dan mencurahkan seluruh waktu dan energi mereka untuk mendaki tangga perusahaan sampai mereka mendapatkan posisi eksekutif senior. Tentu dengan gaji yang sangat tinggi.

3. Jalur Virtuoso

Grup ini selalu menjadi ahli dalam apa yang mereka lakukan pada profesi mereka. Mereka dibayar mahal untuk pengetahuan dan keahlian mereka. Pendidikan formal, seperti gelar lanjutan (mis, dalam bidang hukum atau kedokteran), biasanya merupakan persyaratan.

Baca juga: Warren Buffett, Orang Terkaya Dunia Cuma Bawa Uang Segini di Dompetnya

4. Jalur Pemimpi

Individu dalam grup ini semua mengejar mimpi, seperti memulai bisnis mereka sendiri, menjadi aktor, musisi atau penulis buku laris yang sukses. Pemimpi menyukai apa yang mereka lakukan untuk mencari nafkah, dan karena passion mereka yang kuat itu membuat mereka berhasil.

Lantas dari keempat jalur itu, mana yang paling cepat bisa meraih kesuksesan finansial? Corley menuliskan Jalur Pemimpilah yang jadi jalur tercepat untuk menjadi kaya.

“Sekitar 28% dari individu dalam penelitian saya adalah Pemimpi. Mereka memiliki kekayaan bersih rata-rata USD7,4 juta, jauh lebih banyak daripada kelompok lain dalam studi saya. Dan mereka dapat mengakumulasi kekayaan itu selama periode sekitar 12 tahun,” ucap dia.

Ia menuturkan, ini adalah jalur kekayaan tercepat dan paling bermanfaat, dan juga jalan yang menjamin uang paling banyak.

Pertimbangkan daftar Forbes 400 pada tahun ini. Tujuh dari 10 miliarder terkaya di dunia, termasuk Jeff Bezos, Bill Gates, Mark Zuckerberg dan Michael Bloomberg, semuanya adalah Pemimpi yang menjadi kaya dengan memulai perusahaan mereka sendiri.

“Akan tetapi, jalur Pemimpi juga merupakan yang paling sulit, paling berisiko, dan paling membuat stres. ‘Paling buruk, seperti berjalan melewati neraka setiap hari,’ kata seorang Pemimpi kepada saya. Itu penuh dengan rintangan, kekecewaan, kesalahan, kekecewaan, penolakan dan perjuangan keuangan.” *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply