Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, November 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Haruskah Menambahkan Foto di Resume Saat Melamar Pekerjaan?

Ilustrasi

Topcareer.id – Bagaimanapun juga, foto kamu sudah ada di laman LinkedIn atau profil jejaring sosial dan aplikasi job seeker kamu yang lainnya. Jadi masuk akal untuk bertanya-tanya apakah menyertakan foto dalam CV atau resume akan meningkatkan peluang kamu untuk diperhatikan dan dipekerjakan.

Tidak ada jawaban yang pasti untuk menyertakan foto dalam resume atau CV kamu, meskipun beberapa perusahaan menganggap itu sebagai ide buruk bagi pencari kerja. Tergantung pada keadaan, kamu bisa mencari tahu melalui HRD perusahaan yang kamu lamar apakah mereka membutuhkan foto kamu dalam resume atau kamu bisa mempertimbangkan solusi kreatif untuk menunjukkan foto terbaikmu kepada calon atasan baru.

Mengutip Thebalancecareers.com, Rabu (3/6/2020), biasanya alasan perusahaan tidak menerima foto dalam resume adalah untuk melindungi perusahaan dari tuduhan diskriminasi berdasarkan ras, usia, berat badan, jenis kelamin, daya tarik, atau gaya pribadi.

Baca juga: Hindari Cantumkan 5 Hal Ini dalam CV Kamu

Perspektif ini masih dianut oleh beberapa profesional sumber daya manusia perusahaan. Karena itu, ada baiknya mempertimbangkan dengan cermat apakah mencantumkan foto dalam resume itu layak dan akan bermanfaat bagi pencalonan kamu.

Saat ini merupakan zaman multimedia. Kemungkinan besar perusahaan akan melihat foto kamu melalui sosial media atau aplikasi job seeker yang kamu gunakan, jadi tidak masalah jika kamu tidak menambahkan foto ke dalam resume kamu.

Jika kamu mengetahui HRD perusahaan membutuhkan kamu untuk mencantumkan foto, jangan sampai kamu melakukan kesalahan pada foto yang kamu sertakan, seperti: foto yang tidak HD atau blur, make up berlebihan, hasil foto selfie menggunakan filter aplikasi pada smartphone, mengenakan pakaian dengan warna atau motif yang terlalu mencolok. Dan yang penting juga untuk meletakkan foto kamu pada posisi bagian atas halaman. Foto juga harus berpenampilan profesional.

Bagi kamu yang tidak diminta menyertakan foto dalam resume namun kamu tetap ingin memperlihatkan dirimu, kamu bisa pertimbangkan beberapa opsi, seperti: Sertakan URL profil LinkedIn kamu atau link dari aplikasi job seeker yang kamu gunakan. Kamu juga bisa melampirkan pada resume sebuah business card atau kartu nama yang ada fotonya. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply