Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, September 22, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Efek Diabetes, Telinga Jadi Tuli

Ilustrasi. (dok. Medical News Today)

Topcareer.id – Efek penyakit diabetes melitus, atau kencing manis, memang bisa lari ke mana-mana. Penyakit yang satu ini tak hanya membuat penderitanya berisiko kehilangan penglihatan atau kaki diamputasi, tapi juga–satu lagi–membuat tuli.

Sebuah studi kesehatan menemukan bahwa penderita diabetes bisa kehilangan penderitaan. “Sejak abad ke-19 sebenarnya sudah dilaporkan bahwa diabetes biasanya diikuti dengan kehilangan pendengaran,” kata Dr. Hinrich Staecker, asisten profesor di Universitas Maryland, AS, yang meneliti gejala itu, kepada Healthscout.

Kecurigaan itu timbul setelah ia meneliti 74 ribu veteran yang terserang diabetes, di rumah sakit negara bagian itu. Sebanyak 13,1 persen penderita diabetes ternyata kehilangan pendengarannya, sementara 10,3 persen bukan penderita diabetes yang kehilangan pendengaran.

Baca juga: Nyaman Berpuasa bagi Penderita Diabetes Melitus

Kesimpulan Staecker, makin buruk kontrol terhadap gula dalam darah, makin parah penyakit itu dan kemungkinan gangguan pendengaran makin besar. Begitu hasil studi yang dipresentasikan dalam pertemuan Kelompok Ahli Telinga Amerika Serikat.

Bagaimana penjelasannya? Yang paling mungkin, diabetes menyebabkan kerusakan urat saraf dalam telinga, dan merusak saluran darah yang tipis di dalam telinga. Kata Dr. James Bush, pakar telinga-hidung-tenggorokan dari Rumah Sakit La Jolla di San Diego, diabetes mempengaruhi ginjal, retina, dan telinga.

Pokoknya, semua bagian tubuh yang bergantung pada pasokan darah dari sumber-sumber terbatas akan terkena imbas diabetes. * dari berbagai sumber

the authorAde Irwansyah

Tinggalkan Balasan