Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, April 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Minum Banyak Air Bantu Turunkan Berat Badan?

Ilustrasi. (dok. Indian Express)

Topcareer.id – Konsumsi air mineral seperti sebuah keharusan bagi tubuh manusia agar tetap sehat dan meminimalisasi risiko penyakit. Sementara, peningkatan konsumsi air mineral juga diklaim bisa mengurangi berat badan. Apa benar?

Dikutip dari laman Healthline, berdasar dua penelitian, minum 17 ons (500 ml) air untuk sementara waktu memang dapat meningkatkan metabolisme hingga 24-30%.

Para peneliti memperkirakan bahwa minum 68 ons (2 liter) dalam satu hari meningkatkan pengeluaran energi sekitar 96 kalori per hari. Minum air sekitar setengah jam sebelum makan juga dapat mengurangi jumlah kalori yang akhirnya kamu konsumsi, terutama pada orang yang lebih tua.

Satu studi menunjukkan bahwa pelaku diet yang minum 17 ons (500 ml) air setiap sebelum makan kehilangan 44% lebih banyak berat badan selama 12 minggu, dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Baca juga: Cara Simple Hemat Air di Masa Krisis Akibat Pandemi

Secara keseluruhan, tampaknya minum air dalam jumlah yang cukup, terutama sebelum makan, mungkin memiliki manfaat penurunan berat badan yang signifikan, terutama jika dikombinasikan dengan diet sehat.

“Minum air putih dapat menyebabkan peningkatan metabolisme sementara yang ringan, dan meminumnya sekitar setengah jam sebelum setiap makan dapat membuatmu secara otomatis makan lebih sedikit kalori. Kedua efek ini berkontribusi pada penurunan berat badan,” tulis Healthline.

Baca juga: Mendeteksi Lapar Asli dan Palsu (Serta Kenapa Minum Air Solusinya)

Air meningkatkan pembakaran kalori

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air minum dapat membantu membakar kalori. Dalam sebuah studi 2014, 12 orang yang minum 500 mL air dingin dan air dengan suhu kamar mengalami peningkatan pengeluaran energi.

Mereka membakar kalori antara 2 dan 3 persen lebih banyak dari biasanya dalam 90 menit setelah minum air. Air juga dapat secara sementara meningkatkan pengeluaran energi istirahat tubuh, atau jumlah kalori yang terbakar saat beristirahat.

Minum air dingin lebih lanjut dapat meningkatkan manfaat pembakaran kalori air, karena tubuh mengeluarkan energi, atau kalori, dengan memanaskan air untuk pencernaan. *

Editor: Ade Irwansyah

Tinggalkan Balasan