Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Perhatikan 5 Hal Ini saat Rapat Virtual

Sumber foto: Dailymail.co.uk

Topcareer.id – Di masa transisi menuju new normal ini, hanya 50% karyawan yang boleh masuk ke kantor, dan sisanya harus tetap bekerja dari rumah.

Hal ini pun akan membuat kebiasaan-kebiasaan baru dalam bekerja, termasuk melakukan rapat secara virtual. Nah, tips-tips berikut ini akan membantu kamu terlihat profesional meski rapat tersebut dilakukan secara daring.

Siapkan ruangan dan peralatan
Sebelum memulai rapat, pastikan kamu menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Tes apakah semua alat itu berfungsi dengan baik. Jangan lupa juga untuk memilih ruangan dengan koneksi internet yang stabil ya. Jika memungkinkan, pilihlah ruangan yang sepi dan aman dari kebisingan yang ada.

Pelajari aplikasi yang dipakai
Saat melakukan rapat secara daring, terlebih menggunakan aplikasi, sebaiknya pelajari dulu fitur-fitur yang ada di dalamnya sehingga jika terdapat kendala, kamu bisa segera mengatasinya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu bisa mengaktifkan tombol mute ketika bukan kamu yang berbicara.

Berpakaian rapi
Agar kamu terlihat profesional, gunakan pakaian yang rapi, lengkap dan sesuai ya. Jangan mentang-mentang hanya bagian wajah yang terlihat, kamu memakai pakaian yang ala kadarnya, karena itu akan mempengaruhi penilaian atasan maupun klien terhadap kamu. Kamu juga bisa menambahkan riasan sedikit untuk membuat wajah kamu lebih fresh ketika melakukan rapat.

Beri tanda ketika hendak berbicara
Agar suara kamu tidak bentrok dengan rekan kerja maupun bos kamu, saat meeting usahakan untuk memberi tanda ketika hendak berbicara. Jika sudah diberikan izin, tunggulah 3 detik, kemudian sampaikan yang ingin kamu utarakan.

Perhatikan eye contact
Meskipun dilakukan secara online, penting bagi kamu untuk tetap memperhatikan eye contact. Jadi usahakan agar mata kamu tetap menatap camera yang ada pada laptop maupun gadget kamu. Jangan sampai ketika bos kamu berbicara, mata kamu memperhatikan keyboard atau memandang ke tempat lainnya.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply