Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, December 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

4 Cara Manajer Kurangi Stres Aggota Tim di Masa Sulit

Dok. Best Life

Topcareer.id –  Selama masa-masa yang tidak pasti ini, tingkat stres karyawan telah sangat meningkat karena implikasi besar dari pandemi corona. Banyak karyawan mencari ke organisasi dan manajer mereka untuk memperbaiki stres mereka.

Manajer hebat cenderung menghilangkan stres dengan menciptakan lingkungan tempat kerja yang sehat dan berkelanjutan, yang ideal untuk moral karyawan, skala bisnis, dan pertumbuhan organisasi.

Berikut empat cara yang bisa dilakukan manajer untuk bantu kurangi stress karyawan, menurut laman Glassdoor.

1. Fasilitasi dan dorong percakapan transparan di antara anggota tim

Sebagai seorang manajer, penting untuk mendorong anggota tim agar transparan dengan perasaan, pemikiran, dan pendapat mereka tentang beban kerja dan perubahan organisasi mereka. Transparansi dan komunikasi terbuka menumbuhkan kepercayaan dan empati di seluruh tim, memungkinkan karyawan merasa aman, diperhatikan, dan tidak terlalu stres.

Baca juga: Tips Jadi Manajer Terbaik di Tengah Kebijakan WFH

2. Dorong mindfulness dalam tim

Mindfulness adalah alat meditasi dan kesadaran yang hebat yang dapat digunakan untuk membuat tim kembali ke jalurnya ketika melakukan tugas pribadi atau proyek tim. Latihan mindfulness mendorong anggota tim untuk tetap berada di masa sekarang, memungkinkan mereka untuk meningkatkan tingkat produktivitas mereka, yang pada gilirannya mengurangi stres.

3. Berdayakan karyawan untuk beristirahat sejenak

Meskipun produktif itu penting, demikian juga istirahat kesehatan. Selama Covid-19, sebagian besar organisasi memutuskan untuk pindah ke sistem kerja dan manajemen jarak jauh, yang membuang jadwal dan rutinitas kerja karyawan. Manajer harus mendorong anggota tim mereka untuk mengambil waktu dari hari mereka untuk berolahraga di dalam ruangan atau menjauh dari layar komputer.

Baca juga: 10 Hal yang Dikatakan Manajer Suportif Selama Pandemi pada Timnya

4. Kenali upaya anggota tim dan berikan pengakuan

Perusahaan yang paling terkemuka tahu bahwa karyawan mereka adalah jantung dan jiwa dari bisnis mereka. Setiap manajer yang adil harus mengakui upaya karyawan dan anggota tim mereka untuk meningkatkan moral dan produktivitas.

Karyawan yang merasa memiliki hubungan positif dan pribadi dengan manajemen dan kepemimpinan senior mereka lebih mungkin untuk terlibat, merasa dihargai, dan dihargai setiap kali pekerjaan mereka diperhatikan dan dipuji. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply