Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, September 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Bisnis Coworking Space Diprediksi Pulih 6 Bulan Lagi

Coworking space MNC X Kolega. (foto: Rino/Topcareer.id)

Topcareer.id – Hampir setiap sektor bisnis terkena imbas dari wabah Covid-19. Namun, Go Work, sebagai platform ruang kerja bersama (coworking), optimis akan pemulihan berkelanjutan industri coworking dalam 6 bulan ke depan lewat fase new normal.

Hal itu seperti yang dikatakan Richard Lim, CFO & Co-Founder GoWork dalam keterangan resminya, Selasa (9/6/2020) yang menambahkan bahwa GoWork siap membuka lokasi-lokasi baru di Jakarta, Medan, dan Surabaya, setelah terjadi penundaan pembukaan cabang baru selama 3 bulan.

Hingga saat ini, GoWork terus berkembang menjadi total hampir 60.000-meter persegi area coworking space berteknologi mutakhir yang telah tersebar di 24 titik di 4 kota besar di Indonesia, dengan lokasi terbaru di Treasury Tower, SCBD, Jakarta.

Baca juga: Dari Apple sampai Starbucks, Begini Perusahaan Besar Dunia Hadapi Pandemi Corona

Menurut Richard, operator coworking akan merasakan peningkatan angka occupancy dan interest karena banyak perusahaan yang menjadi lebih fleksibel semasa pasca-Covid-19.

Tidak hanya itu saja, kata dia, coworking akan menjadi sebuah solusi terjangkau bagi perusahaan-perusahaan yang semakin cermat dan cerdas dalam memanfaatkan modal usaha sehemat-hematnya dengan memilih coworking space dibandingkan sewa ruang kantor konvensional.

“Dengan pemulihan dan kebangkitan perekonomian nasional secara berkala dan bertahap, maka kehadiran coworking space dengan solusi pengelolaan kantor end-to-end pun menjadi semakin penting,” kata Richard.

“Para pelaku usaha dapat menekan biaya operasional usaha, serta mengurangi gangguan dalam mengelola tim mereka, menciptakan suasana kerja yang efektif, efisien, dan bermutu. Perusahaan yang memiliki kantor GoWork dapat setidaknya menghemat antara 30 hingga 40 persen dari total biaya.”

Baca juga: Pengecekan Kesehatan Bakal Jadi Normalitas Baru di Kantor

Tiga kunci penting yang dapat dibagikan Richard bagi para pengusaha dan pendiri startup adalah untuk terus mempertahankan fleksibilitas dalam semua aspek agar memudahkan usaha untuk beradaptasi di masa sulit.

Kemudian, lanjutnya, mengadopsi pola pikir adaptasi, bersiap menggeser model bisnis atau produk sehingga sesuai dengan perkembangan pasar, serta komunikasi interaktif teratur selama masa krisis untuk menjaga keselarasan dan motivasi para karyawan.

Solusi finansial cerdas dari GoWork untuk para pelaku usaha

Untuk mengakselerasi rencana pemulihan usaha (business recovery and resurgence) bagi para member penyewa ruang di GoWork, manajemen merilis paparan terinci solusi permodalan dan finansial bagi para member yang mengalami tantangan berusaha karena pandemi Covid-19.

“GoWork terus mendampingi semua member kami dalam memastikan bahwa ruang kerja yang mereka miliki saat ini sesuai dengan kondisi dan kemampuan finansial mereka. Tidak hanya itu saja, GoWork pun semakin fleksibel untuk berkembang ketika usaha member kembali pulih,” jelas Richard. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply