Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Dari Apple sampai Starbucks, Begini Perusahaan Besar Dunia Hadapi Pandemi Corona

Logo Apple. Sumber foto: Leoprinting.co.ukLogo Apple. Sumber foto: Leoprinting.co.uk

Topcareer.id – Rantai pasokan global menjadi semakin terhambat oleh wabah virus corona. Beberapa perusahaan terbesar di dunia memperingatkan para investor akan pendapatan yang akan berkurang di masa datang sebagai dampaknya.

Pandemi covid-19 telah mengakibatkan pasar Asia merosot karena kekhawatiran seputar virus mencengkeram investor, dan bank sentral China telah menerapkan penurunan suku bunga dan suntikan modal untuk mengatasi perlambatan ekonomi.

Dikutip dari Businessinsider.com, ini yang dilakukan lima perusahaan besar dunia menangani wabah virus corona dan memperkirakan pengaruhnya terhadap pendapatan mereka.

Baca juga: Berkah Corona, Layanan Streaming Disney+ Raih 50 Juta Pelanggan

Apple
Apple memiliki 26 pemasok dan empat pelanggan korporat utama yang berbasis di Cina, menurut data rantai pasokan Bloomberg, yang memberikan raksasa teknologi ini paling terkena dampak pandemi secara signifikan. Pabrik-pabrik yang memproduksi iPhone dan perangkat lain terpaksa ditutup di China selama berminggu-minggu sebagai bagian dari lockdown akibat virus, dan penghentian produksi yang berkepanjangan ini dapat menyeret ketersediaan inventaris Apple di akhir tahun.

CEO Tim Cook mencatat bahwa wabah tersebut menyebabkan Apple mengeluarkan “rentang pendapatan yang lebih luas dari biasanya” dalam panduan kuartal kedua, Apple mengantisipasi angka tersebut antara USD 63 miliar dan USD 67 miliar. Sedangkan para analis memperkirakan USD 62,33 miliar, meskipun harapan bisa berubah jika pandemi tidak segera terkendali.

“Kami bekerja sangat erat dengan tim kami dan mitra kami di negara yang terkena dampak, dan kami memiliki kebijakan membatasi perjalanan ke situasi kritis bisnis pada minggu lalu,” kata Cook. Apple masih terus mengumpulkan banyak titik data dan memantaunya dengan sangat cermat.

Baca juga: Lawan Corona, Bahkan Apple Bantu Produksi Pelindung Wajah Tenaga Medis

Tesla
CEO Tesla, Elon Musk, merayakan pengiriman mobil Model 3 pertama dari Shanghai Gigafactory baru pada 7 Januari. Satu bulan kemudian, seorang wakil presiden perusahaan memperingatkan pengiriman akan ditunda karena pedoman pemerintah memaksa pabrik untuk tetap tutup sampai wabah mereda.

Pabrik baru ditetapkan untuk mendorong kenaikan pangsa pasar utama untuk Tesla di China, tetapi pemegang saham kemungkinan akan perlu menunggu lebih lama untuk investasi untuk membayar karena wabah menghentikan produksi dan pengiriman kendaraan. Wabah virus corona dapat menekan profitabilitas Tesla dalam waktu dekat tetapi penahanan cepat akan memungkinkan pabriknya di Shanghai untuk bangkit kembali secara efisien, kata kepala keuangan perusahaan itu.

Disney
Taman hiburan Disney di Hong Kong dan Shanghai terpaksa ditutup karena penyebaran virus corona, dan waktu penutupannya datang pada waktu yang sangat buruk. Penutupan terjadi saat ini sedang berlangsung liburan Tahun Baru China. Chief Financial Officer Christine McCarthy menambahkan bahwa dampak keuangan tergantung pada panjang penutupan dan seberapa cepat taman hiburan Disney dapat kembali dioperasikan secara normal.

Nike
Nike mengeluarkan pernyataan mandiri pada Februari lalu yang menginformasikan investor tentang dampak wabah pada operasinya di China. Sekitar setengah dari toko perusahaan di negara itu ditutup sementara. Pabrik Nike beroperasi dengan jam kerja yang lebih sedikit dan lalu lintas penjualan yang lebih rendah di toko-toko yang masih buka.

“Dalam jangka pendek, kami berharap situasi ini memiliki dampak material pada operasi kami di Greater China,” kata perusahaan itu. Nike tidak memberikan pembaruan pada pedoman kuartal berikutnya yang telah ditetapkan, dan mengatakan akan mengeluarkan perkiraan baru dalam laporannya yang akan datang ketika dinamika terus berevolusi selama pandemi berlangsung.

Starbucks
Starbucks telah memperluas operasionalnya di China selama dua dekade terakhir, dan pandemi virus corona menandai rintangan besar untuk kelanjutan pertumbuhannya di negara itu. Perusahaan menutup lebih dari setengah lokasi di Cina dan memodifikasi jam operasional dari toko-toko yang tersisa.

“Besarnya dampak akan tergantung pada durasi penutupan toko saat kami bekerja dengan otoritas lokal untuk mengelola situasi dan melindungi mitra dan pelanggan kami. Saat ini, kami tidak dapat memperkirakan secara wajar dampaknya terhadap bisnis, ”kata Chief Financial Officer Patrick Grismer. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply