Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 17, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Adopsi 5 Kebiasaan Ini di Usia 50, Dapat Perpanjang Umur

Ilustrasi. (dok. Pinterest)

Topcareer.id – Penelitian baru menunjukkan bahwa menerapkan kebiasaan sehat di usia 50 tahun tak hanya meningkatkan harapan hidup, tapi juga mengurangi risiko seseorang mengidap penyakit kronis di kemudian hari.

Dalam sebuah studi baru, para peneliti di Harvard T.H. Chan School of Public Health diperluas pada studi 2018 yang menetapkan lima kebiasaan dalam kesehatan menengah yang dapat meningkatkan harapan hidup.

Studi lanjutan ini, yang diterbitkan di BMJ, menunjukkan bahwa menerapkan lima kebiasaan ini ke dalam hidup dapat meningkatkan kemungkinan menikmati tahun-tahun tambahan dari kesehatan yang baik secara keseluruhan.

Berikut 5 kebiasaan bagi usia paruh baya untuk menangkal penyakit:

Baca juga: Dari Sakit Leher Hingga Kanker Kulit, Ini Ragam Penyakit yang Rawan Jangkiti Milenial

1. Makan sehat

Diet sehat ditentukan sebagai skor tinggi pada Indeks Pengganti Makan Sehat Alternatif. Kamu bisa memulai dengan berlatih makan bersih.

2. Mempertahankan berat badan yang sehat

Berat badan yang sehat ditentukan dengan memiliki indeks massa tubuh antara 18,5 dan 24,9 kg/m2.

3. Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur berarti bahwa seseorang berolahraga minimal 30 menit sehari dari aktivitas sedang hingga kuat.

Baca juga: Kenapa Sakit Maag Sebaiknya Jangan Diremehkan?

4. Membatasi konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol moderat berarti seseorang mengkonsumsi satu atau lebih sedikit porsi per hari untuk wanita dan dua atau lebih sedikit porsi per hari untuk pria.

5. Tidak merokok

Merokok, seperti ditulis dalam peringatan di bungkusnya mendatangkan penyakit pada paru-paru, jantung hingga kanker. Tidak merokok berarti mengurangi risiko terkena penyakit tersebut.

“Studi sebelumnya telah menemukan bahwa mengikuti gaya hidup sehat meningkatkan harapan hidup secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, dan kanker,” kata penulis utama Yanping Li, ilmuwan riset senior di Departemen Gizi di universitas, dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Sakit Jantung Genetik Atau Bukan? Ini Penjelasannya

“Tetapi beberapa studi telah melihat efek dari faktor gaya hidup terhadap harapan hidup yang bebas dari penyakit seperti itu. Studi ini memberikan bukti kuat bahwa mengikuti gaya hidup sehat secara substansial dapat memperpanjang tahun seseorang hidup bebas penyakit.”

Para peneliti menggunakan data dari dua studi sebelumnya, yang memungkinkan mereka untuk melihat formulir data 73.196 menang selama 34 tahun dan 38.366 pria di atas 28 tahun. Seperti banyak masalah kesehatan, hasilnya berbeda untuk wanita dan pria.

Para wanita yang tidak melakukan satu pun dari lima kebiasaan sehat pada usia 50 hanya hidup 23,7 tahun bebas dari diabetes, penyakit kardiovaskular, dan kanker. Para wanita yang melakukan empat atau lima kebiasaan sehat ini hidup 34,4 tahun lebih bebas dari penyakit kronis ini.

Pria melihat sedikit manfaat dari mempraktikkan kebiasaan sehat ini. Pria yang tidak mempraktikkan kebiasaan ini pada usia 50 dapat mengharapkan untuk hidup 23,5 tahun bebas dari penyakit kronis. Sementara pria yang melakukan kebiasaan kesehatan hidup rata-rata 31,1 tahun lebih sehat. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply