Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, August 13, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Trik Buat Introvert yang Ingin Dapat Promosi Jabatan

Ilustrasi. (dok. Startup Stock Photos)

Topcareer.id – Dalam dunia kerja seorang yang introvert dianggap lebih sulit untuk naik jabatan atau mendapatkan promosi dari perusahaan. Namun itu semua hanyalah mitos.

Selalu ada jalan bagi para introvert untuk bisa berkembang tanpa harus mekasakan dirinya berubah menjadi ekstrovert agar lebih dilirik atasan.

Mengutip Psycholoytoday.com, ambil langkah-langkah ini yang dirancang khusus untuk introvert agar dapat melangkah lebih jauh dalam pengembangan karier.

Jelaskan tentang prestasimu
Ini mungkin membutuhkan dorongan ekstra sebagai seorang introvert. Dan itu merupakan tantangan bagi kamu yang introvert untuk bisa terbang lebih tinggi dengan mengidentifikasi dan berbicara tentang prestasimu. Siapkan jawaban atas pertanyaan ini: Apa yang bisa kamu berikan kepada perusahaan jika dipromosikan? Dan mengapa kamu adalah orang terbaik untuk pekerjaan itu?

Baca juga: Tipe Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert

Ambil kredit untuk kontribusimu
Banyak introvert hanya memuji kerja tim daripada mengakui hasil kontribusinya secara personal. Pikirkan secara strategis dan bagaimana caranya memastikan bahwa kamu sebagai introvert tetap terhubung dengan hasil kontribusi yang kamu lakukan.

Temukan seorang juara
Gunakan kemampuan untuk membangun hubungan yang kuat dan langgeng, lakukan dengan orang-orang juara yang dapat membuat perbedaan dalam kemajuan karier kamu sebagai introvert.

Rencanakan diskusi dengan bos
Sebagai seorang introvert, buatlah poin-poin tentang bagaimana bertanggung jawab pada tingkat yang lebih tinggi, buat dampak yang lebih besar pada organisasi daripada hanya berfokus pada mengapa kamu pantas mendapat promosi.

Baca juga: Kamu Introvert dan Harus Bekerja dalam Tim? Ini Solusinya

Periksa waktunya
Lakukan sedikit penggalian informasi untuk memastikan bahwa waktunya tepat dalam melakukan negosiasi kepada atasan untuk mengajukan dirimu agar dipromosikan oleh atasan.

Pikirkan siapa yang bisa mengisi posisimu saat ini
Bersiaplah untuk melatih karyawan lain, junior kamu misalnya, untuk melakukan pekerjaanmu saat ini sehingga saat kamu dapat naik jabatan, kamu bisa menyarankan pada perusahaan rekan junniormu yang telah kamu latih sebagai bukti yang menunjukkan bahwa kamu layak menjadi pemimpin.

Lakukan diskusi dengan bos
Setelah siap dan juga berlatih menyampaikan poin-poin penting, pastikan untuk beristirahat sebelum melakukan percakapan kritis ini sehingga kamu dapat tenang. Begitu waktu diskusi tiba, lakukan kontak mata yang baik, ucapkan dengan suara yang jelas dan kuat, ringkas, dan dengarkan dengan cermat respons bos sebelum menjawab. Tanyakan secara spesifik apa yang perlu kamu lakukan untuk naik ke tingkat berikutnya dan buatlah rencana pekerjaan bersama.

Tentukan keterampilan apa yang dibutuhkan untuk membangun
Perusahaan mungkin membutuhkan seseorang dengan pengalaman lebih sebagai pemimpin atau lebih banyak pengetahuan di bidang tertentu. Rencanakan dan usulkan sebuah rencana agar kamu bisa mengikuti pelatihan atau menjadi sukarelawan untuk inisiatif guna meningkatkan kemampuan diri. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply