Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, October 19, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Langkah Google Saingi Apple di Pasar Smartwatch

Smartwatch Fitbit. (dok. Digitaltrends)

Topcareer.id – Alphabet Inc., induk perusahaan Google, setuju untuk membeli pembuat jam tangan pintar Fitbit Inc. sebesar USD 2,1 miliar dalam bentuk tunai, sebuah langkah yang dapat menopang bisnis perangkat keras raksasa internet ini untuk bersaing dengan iWatch dari Apple.

Google akan membayar USD 7,35 per saham untuk Fitbit yang berbasis di San Francisco. Akuisisi ini merupakan pembelian besar kedua Google sejak tahun 2019, setelah sebelumnya setuju untuk membayar USD 2,6 miliar untuk penyedia perangkat lunak cloud Looker pada Juni 2019.

Kesepakatan itu pasti akan menarik pengawasan regulasi. Otoritas negara bagian dan federal sedang menyelidiki Google untuk kemungkinan praktik anti-persaingan terkait dengan cara menangani data konsumen dan beroperasi di pasar periklanan digital.

Baca juga: Sodar, Google Tool Baru untuk Bantu Pengguna Lakukan Physical distancing

Meskipun Google bukan pemimpin dalam smartwatch atau fitness tracker, regulator di AS dan di tempat lain kemungkinan akan memiliki pertanyaan tentang apa yang ingin dilakukan Google dengan data yang telah dibagikan oleh pengguna Fitbit selama bertahun-tahun, termasuk informasi kesehatan dan lokasi yang private.

Perusahaan-perusahaan tersebut mengatasi kemungkinan kekhawatiran dengan berjanji untuk transparan tentang data yang dikumpulkan Google dan alasannya. “Pedoman privasi dan keamanan yang kuat telah menjadi bagian dari DNA Fitbit sejak hari pertama, dan ini tidak akan berubah,” menurut pernyataan Fitbit. “Perusahaan tidak pernah menjual informasi pribadi, dan data kesehatan serta kebugaran di Fitbit tidak akan digunakan untuk iklan Google.”

Google memiliki ekosistem smartphone dan laptop yang terus berkembang, dan menyediakan sistem operasi yang dapat digunakan secara gratis yang disebut Wear OS untuk digunakan perusahaan lain, tetapi Google belum pernah membuat smart watch. Membeli Fitbit akan memberi Google platform baru bersama dengan akses ke lebih dari 27 juta pengguna aktif perusahaan.

Google juga dapat menggabungkan perusahaan dengan teknologi smartwatch yang dibeli dari Fossil Group Inc. di awal 2019 lalu untuk membantunya merancang produk baru.

Fitbit telah berjuang untuk bersaing dengan Apple Inc. dan yang lainnya di pasar smartwatch. Sahamnya sempat merosot rendah hingga USD 2,85 per saham. Stok telah pulih sejak tersiar kabar bahwa Google melakukan penawaran. Transaksi diharapkan final pada tahun 2020 ini, menurut perusahaan. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply