Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Daging di Chicken Nugget Cuma 40%, Sisanya Kemana?

Sumber foto: Shutterstock

Topcareer.id – Nugget ayam yang kamu makan mungkin hanya mengandung 40-50 persen daging ayam. Hal ini diutarakan sebuah studi yang menganalisis nugget ayam dari dua restoran cepat saji.

Lalu, apa yang membentuk sisa dari nugget ayam? Para peneliti mengatakan, jawabannya adalah lemak, kulit, jaringan ikat, pembuluh darah, saraf, dan fragmen tulang.

Menurut Dr. Richard deShazo, seorang profesor kedokteran, pediatri dan imunologi di University of Mississippi Medical Center di mana analisis dilakukan, meskipun semua dapat dimakan, bahan-bahannya tidaklah cocok dengan pilihan yang baik.

“Beberapa perusahaan besar memilih untuk menggunakan campuran buatan dari bagian ayam, daripada menggunakan 100% daging putih ayam rendah lemak. Ini benar-benar produk sampingan ayam yang tinggi kalori, garam, gula, dan lemak, yang sangat tidak sehat. Lebih buruk lagi, rasanya yang luar biasa enak bisa menyihir anak-anak untuk menyukainya dan itu dipasarkan kepada mereka,” kata deShazo.

Daging ayam putih adalah salah satu sumber protein tanpa lemak terbaik yang tersedia di dunia, kata deShazo, dan dokter sering mendorong pasien mereka untuk memakannya.

Baca juga: Kisah Unik Rene Laennec, Sang Penemu Stetoskop

Untuk pemeriksaan, deShazo bekerja dengan Dr. Steven Bigler, ahli patologi di Baptist Health Systems, Jackson, Mississippi, yang menganalisis bagian nugget.

Nugget dari restoran pertama yang dianalisa terdiri dari sekitar 50 persen otot rangka, dengan sisanya terdiri dari lemak, dengan beberapa pembuluh darah dan saraf. Pengamatan lebih detail menunjukkan jumlah epitel yang banyak dan jaringan pendukung yang terkait, termasuk epitel skuamosa dari kulit atau visera.

Nugget dari restoran kedua terdiri dari sekitar 40 persen otot rangka. Di sini juga ada banyak lemak dan jaringan lain, termasuk jaringan ikat dan spikula tulang.

Dewan Ayam Nasional (NCC), sebuah asosiasi perdagangan nirlaba nasional yang mewakili industri ayam di Amerika Serikat, menggemakan sentimen itu.

“Studi ini mengevaluasi hanya dua sampel nugget ayam dari miliaran nugget ayam yang dibuat setiap tahun,” kata Ashley Peterson, Ph.D, wakil presiden NCC untuk urusan ilmiah dan peraturan.

“jadi belum bisa dibenarkan secara ilmiah untuk membuat kesimpulan tentang seluruh kategori produk chicken nugget hanya dari dua sampel yang diambil.”

Baca juga: Trik Unik Burger King agar Pelanggan Patuhi Social Distancing

Peterson menambahkan, perusahaan anggota NCC yang memproduksi chicken nugget menggunakan bahan-bahan berkualitas dan mematuhi semua undang-undang dan peraturan keamanan pangan untuk membuat nugget.

Jadi, walaupun ditemukan ada chicken nugget yang kandungannya kurang baik bagi kesehatan, masih banyak produsen chicken nugget lain yang memproduksinya dengan bahan-bahan yang benar.

Masyarakat sebaiknya lebih waspada dan memilih sebaik mungkin produk chicken nugget yang mereka beli.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply