Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

HSBC Pangkas Karyawan Hingga 35 Ribu Pekerja karena Masa Sulit Pandemi

Gedung HSBC di Hong Kong. (dok. Bloomberg)

Topcareer.id – HSBC mulai kembali rencana redundansi besar-besaran yang telah dibuatnya setelah wabah virus corona, dan akan memangkas 35.000 pekerja dalam jangka menengah.

Seperti sebuah memo yang dilihat oleh Reuters pada Rabu (17/6/2020). HSBC juga akan mempertahankan kebijakan penghentian sementara hampir semua perekrutan eksternal, kata Kepala Eksekutif Noel Quinn dalam memo yang dikirim ke 235.000 staf bank di seluruh dunia.

“Kami tidak bisa menjeda pemecatan karyawan tanpa batas waktu, hal seperti ini selalu jadi pertanyaan bukan pertanyaan jika, tetapi kapan,” kata Quinn.

Baca juga: Efek Pandemi, Grab Bakal PHK 5 Persen Karyawan

Pada bulan Maret, HSBC telah menunda pemutusan hubungan kerja, bagian dari restrukturisasi yang lebih luas untuk memangkas biaya, dengan mengatakan bahwa keadaan luar biasa pandemi Covid-19 bukan berarti harus memangkas jumlah staf.

Namun, HSBC sekarang harus melanjutkan program karena laba turun dan perkiraan ekonomi menunjukkan masa depan yang menantang, kata Quinn. Ia menambahkan bahwa ia telah meminta eksekutif senior untuk mencari cara untuk memotong biaya di paruh kedua tahun ini.

Saham HSBC telah jatuh 27% sejak awal Maret, dengan pandemi mendorong pemberi pinjaman untuk menyisihkan USD3 miliar dalam ketentuan pinjaman buruk dalam pendapatan kuartal pertama.

Di bawah rencana restrukturisasi yang pertama kali diumumkan pada bulan Februari, HSBC mengatakan akan menggabungkan perbankan swasta dan bisnis kekayaan, mengurangi bisnis ekuitas Eropa, dan mengurangi jaringan ritel Amerika Serikat, dengan tujuan memotong biaya USD4,5 miliar.

“Kenyataannya adalah bahwa langkah-langkah dan perubahan yang kami umumkan pada Februari bahkan lebih penting hari ini,” kata Quinn. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply