Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, September 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kapan Bisa Gunakan Resume Satu Halaman?

ILustrasi. (dok. CareerAddict)

Topcareer.id – Banyak orang mengatakan resume harus terdiri dari satu halaman, sebagian lagi menyebut yang baik adalah 2 halaman. Sebenarnya yang tepat adalah sesuai dengan kebutuhan. Dan ada kondisi di mana kamu bisa memakai resume hanya dengan satu halaman.

“Resume satu halaman sangat ideal ketika Anda ingin ringkas dan menyampaikan maksud Anda dengan cepat,” kata Eksekutif SDM, Angela Smith dalam laman The Muse.

Ia pun menjelaskan kapan baiknya menggunakan resume satu halaman

1. Kamu seorang fresh graduate atau pemula dalam karier

Jika kamu seorang lulusan baru yang mencari pekerjaan profesional pertama atau tidak memiliki banyak pengalaman profesional (katakanlah, kurang dari lima hingga delapan tahun), kenyataannya adalah bahwa kemungkinan tidak ada cukup informasi atau pengalaman untuk memerlukan resume yang lebih panjang.

“Sebagai contoh, katakanlah Jane baru saja menerima gelar S1 dalam bidang pemasaran dan sedang mencari pekerjaan pasca-perguruan tinggi pertamanya. Dia memiliki beberapa posisi paruh waktu saat di sekolah, dan menyelesaikan beberapa magang yang relevan. Tetapi dia belum memiliki banyak pengalaman profesional bekerja di bidangnya,” tulis Angela.

Baca juga: Haruskah Menambahkan Foto di Resume Saat Melamar Pekerjaan?

Dalam hal ini, Angela akan merekomendasikan agar Jane memfokuskan resumenya pada pekerjaan akademik dan magang yang relevan. Dan dia bisa tetap berpegang pada resume satu halaman bahkan setelah dia bekerja dalam pemasaran selama empat atau lima tahun.

2. Kamu ingin mengubah Karier

Jika kamu membuat perubahan karier atau ingin memasuki industri baru atau mendapatkan jenis peran baru, resume yang lebih panjang yang mencantumkan semua prestasi profesional tidak harus relevan dengan pekerjaan targetmu.

Seorang perekrut atau manajer perekrut kemungkinan besar akan mendiskon aplikasimu, karena mereka tidak akan dapat menentukan koneksi yang relevan.

“Namun, jika kamu hanya berfokus pada keterampilan dan pengalaman yang dapat ditransfer yang paling menonjol, kamu akan dapat menceritakan kisah yang lebih terfokus dan membuat kasus yang lebih kuat tentang mengapa kamu calon yang kuat untuk peran khusus itu.”

3. Belum banyak pindah kerja

Kamu mungkin memiliki pengalaman beberapa tahun, tetapi mungkin dengan satu atau dua perusahaan yang sama, atau dalam peran tanpa banyak perubahan. Jika pengalamanmu cukup mantap, maka kenyataannya adalah kamu mungkin tidak memiliki banyak hal untuk mengisi lebih dari satu halaman, bahkan jika kamu telah bekerja selama beberapa tahun.

“Dalam hal ini, resume satu halaman memungkinkanmu untuk meraih pencapaian penting tanpa menjadi harus bertele-tele,” kata Angela. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply