Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tak Hanya Bantu Turunkan Kolesterol, Ini Sederet Manfaat Lemon

Topcareer.id – Menurut penelitian, jus lemon dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Manfaat ini sebagian besar disebabkan oleh tingginya kadar flavonoid dan vitamin C yang ditemukan dalam lemon.

Jus lemon bekerja lebih baik jika digunakan bersama dengan bawang putih atau madu. Dalam sebuah studi tahun 2016, pasien hiperlipidemia yang menerima 1 sendok makan jus lemon dan 20 gram bawang putih setiap hari mengalami penurunan total kolesterol dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Lemon selain mmenyegarkan dan bis amenurunkan kolesterol, ternyata juga memiliki manfaat kesehatan lain jika dikonsimsi secara rutin. Seperti dikutip dari healthline.com, Jumat (5/6/2020) Berikut ini beberapa manfaat dari lemon.

Baca Juga: Tangkal COVID-19, Minum Jus Jeruk Dengan Kulitnya

Mendukung kesehatan jantung
Lemon adalah sumber vitamin C. Satu lemon menyediakan sekitar 31 mg vitamin C. Penelitian menunjukkan bahwa makan buah dan sayuran yang kaya vitamin C mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Senyawa tanaman yang ditemukan dalam lemon yaitu hesperidin dan diosmin berguna untuk menurunkan kolesterol.

Mengontrol berat badan
Lemon sering dipromosikan sebagai makanan penurun berat badan, dan ada beberapa teori mengapa ini terjadi. Salah satu teori umum adalah bahwa serat pektin yang larut di dalamnya mengembang di perut, ini membantu merasa kenyang lebih lama.

Cegah batu ginjal
Batu ginjal adalah benjolan kecil mengkristal dan menumpuk di ginjal. Hal ini cukup umum, dan orang terkadang mendapatkannya berulang kali. Asam sitrat yang terkandung dalam lemon dapat membantu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan volume urin dan meningkatkan pH urin, ini akan menciptakan lingkungan yang kurang menguntungkan untuk pembentukan batu ginjal.

Baca Juga: Konsumsi Jeruk, Cara Alami Bikin Tubuh Ramping

Lindungi tubuh dari anemia
Karena lemon mengandung vitamin C dan asam sitrat, mereka dapat melindungi dari anemia dengan memastikan bahwa tubuh kamu menyerap zat besi sebanyak mungkin dari makanan yang kamu konsumsi.

Mengurangi risiko kanker
Diet sehat yang kaya buah-buahan dan sayuran dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker. Dalam studi tabung reaksi, banyak senyawa dari lemon telah membunuh sel kanker. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa D-limonene, senyawa yang ditemukan dalam minyak lemon, memang memiliki sifat anti kanker. * (RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply