Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Penjelasan Ilmiah Tak Boleh Bilang `Gendut` pada Wanita

Ilustrasi. (dok. Healthtian)

Topcareer.id – Janganlah mengucapkan kata “gendut” di depan teman perempuan Anda, meskipun ia memang memiliki tubuh seperti itu. Sebuah penelitian membuktikan, perempuan lebih sensitif kala mendengar kata-kata buruk tentang tubuh, seperti gendut, besar, atau kelebihan berat badan.

Penelitian itu dilakukan oleh para ahli dari Hiroshima University di Jepang belum lama ini. Mereka meneliti 13 pria dan 13 perempuan dengan meminta mereka memberi respons terhadap dua kelompok kata.

Kelompok pertama berisi kata-kata yang berhubungan dengan citra buruk tubuh, sementara kelompok kedua berupa kata-kata yang bersifat lebih netral. Pada saat bersamaan, para peneliti memindai otak mereka dengan menggunakan magnetic resonance imaging (MRI) untuk mengetahui bagian otak mana yang bekerja.

Baca juga: Kerja Dari Rumah Bikin Gemuk? Ini Penjelasannya

Hasilnya? Saat kata-kata yang menggambarkan citra buruk tubuh diucapkan, responden perempuan selalu mengaktifkan amygdala, bagian otak yang bekerja ketika seseorang merasa terancam. Sebaliknya, responden pria justru mengaktifkan bagian otak yang disebut medial prefrontal cortex. Bagian ini biasa bekerja mengolah informasi secara rasional.

Kepekaan perempuan terhadap kata-kata buruk yang menyangkut bentuk tubuh itu juga merugikan mereka. Para perempuan sering tidak teratur makan karena takut gemuk. Mereka pun memiliki risiko mengalami kelainan pola makan, seperti anoreksia dan bulimia, sepuluh kali lebih besar dibandingkan dengan lelaki. *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply