Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cegah Kanker Ginjal dengan Pisang

Pisang. (dok. Everyday Health)

Topcareer.id – Bergembiralah wahai para penyuka pisang, wortel, dan kubis. Sebuah penelitian membuktikan: tingkat konsumsi yang tinggi atas buah dan sayuran ini mampu mengurangi risiko terkena kanker ginjal.

Penelitian telah dilakukan para ilmuwan dari Institut Karolinska di Stockholm, Swedia, terhadap 61 ribu wanita berusia 40-76 tahun selama 13 tahun. Di awal riset, para wanita ditanyai tentang jenis makanan yang mereka konsumsi selama 6 bulan terakhir. Pada akhir penelitian, ditemukan sebanyak 122 wanita telah mengidap kanker ginjal.

Para peneliti, seperti dipublikasikan dalam International Journal of Cancer, mengungkapkan, wanita yang mengkonsumsi pisang hingga enam kali seminggu terbukti lebih sehat.

Baca juga: Makanan yang Mengandung Vitamin B Pengenyah Stres

Mereka memiliki risiko terkena kanker ginjal lebih rendah, hingga 50 persen, dibanding yang tidak pernah mengkonsumsinya. Sayur-sayuran yang berasal dari umbi-umbian seperti wortel juga memiliki pengaruh menurunkan risiko terkena penyakit yang sama sekitar 50-65 persen.

Rahasianya sederhana. Pisang memiliki zat antioksidan yang tinggi, yakni phenolics. “Adapun wortel mengandung isothiocyanates, zat kimia yang mengandung kekuatan menghancurkan formasi tumor,” kata Dr. Bahram Rashidkhani, sang kepala penelitian dikutip CNN. *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply