Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Yuk, Berolahraga agar Tua Tanpa Sakit Jantung

Ilustrasi. (dok. Active)

Topcareer.id – Usia yang sudah menua bukan alasan untuk berhenti berolahraga. Latihan fisik justru mengurangi risiko munculnya penyakit jantung dan diabetes.

Inilah temuan tim peneliti dari The Johns Hopkins University yang dipublikasikan baru-baru ini. Mereka menyimpulkan: latihan fisik bisa mengurangi risiko penyakit metabolisme pada mereka yang berusia sepuh.

Para peneliti mengumpulkan 100 orang berusia 55-75 tahun dan memonitor kesehatan mereka. Sebelumnya, tiap peserta diberi informasi tentang pola hidup sehat di usia senja. Setengah dari responden melakukan latih-an fisik selama satu jam tiga kali seminggu, termasuk di dalamnya latihan aerobik dan angkat beban.

Baca juga: Cara Baru Olahraga Lari di Era New Normal

Setelah berjalan beberapa bulan, ternyata responden yang melakukan latihan fisik memiliki kesehatan yang lebih baik. Gangguan metabolisme yang semula mereka derita pun kini lenyap. Kadar lemak di perut menurun dan kelenturan otot mereka juga meningkat hingga 41 persen. Kemajuan semacam ini tidak tampak pada kelompok yang tidak melakukan latihan fisik.

Penelitian itu juga menyimpulkan bahwa masalah metabolisme amat bergantung pada kadar lemak di perut serta kelenturan otot. Jadi, kalau ingin sehat dan bugar, terhindar dari penyakit jantung, berolahragalah sampai tua. *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply