Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

5 Barang Penting untuk Wujudkan Perjalanan yang Higienis

Bandara Changi. (dok. Nz.stuff)

Topcareer.id – Perlahan tapi pasti, berbagai bentuk perjalanan mulai dilanjutkan di bawah aturan pencegahan Covid-19. Banyak negara yang kembali membuka diri dan menyambut turis untuk berlibur musim panas.

Jika kamu salah satu yang berpikir untuk bepergian pasca-Covid-19, inilah beberapa barang yang harus kamu bungkus untuk memberikan ketenangan pikiran dan mengurangi kemungkinan sakit di perjalanan, seperti dikutip dalam laman AsiaOne.

1. Masker

Sekarang, kita sudah terbiasa mengenakan masker setiap kali kita pergi ke luar. Para ahli saat ini percaya bahwa penggunaan penutup wajah secara luas, ditambah dengan jarak sosial dapat mengurangi transmisi Covid-19.

Selain itu, karena kamu akan berhubungan dekat dengan banyak orang di bandara, mengenakan masker dapat membantu mengurangi risiko penularan ketika jarak sosial tidak memungkinkan. Penting juga untuk memakai masker selama penerbangan, terutama yang penuh.

2. Tisu disinfektan

Penelitian telah menunjukkan bahwa tabel nampan adalah beberapa bagian paling kotor dari pesawat komersial saat penumpang menggunakannya untuk mengganti popok bayi. Tabel nampan juga dapat mengandung virus flu, virus influenza dan norovirus, menurut ahli mikrobiologi Charles Gerba.

Penyakit pernapasan dapat menyebar melalui permukaan tempat tetesan air liur, lendir, dan cairan tubuh lainnya. Kamu harus membawa beberapa tisu disinfektan dan bersihkan semua permukaan keras di sekitar kursimu, termasuk meja baki, sandaran tangan, saluran udara, sakelar lampu, gesper sabuk pengaman, TV layar sentuh, dan remote sebelum menyentuhnya dengan tangan kosong.

3. Tas penerbangan

Kantung-kantung kursi juga merupakan salah satu bagian pesawat terbang, di mana orang-orang meletakkan kaki mereka di atasnya, membuang makanan lama, popok bekas, dan sampah.

Sebuah penelitian terhadap lebih dari 100 sampel swab dari 18 penerbangan yang berbeda, menemukan bukti bahwa bakteri, ragi, atau jamur, ada di dalam saku jok.

Alih-alih menggunakan saku sandaran untuk menyimpan botol air, perangkat elektronik, buku, atau makanan ringan, lebih baikk masukkan ke dalam kantung penerbangan dan gantung di kait meja baki.

4. Pembersih tangan (hand sanitiser)

Karena kamu akan menyentuh permukaan kotor di pesawat terbang, hand sanitizer sangat penting untuk menjaga kebersihan saat bepergian. Setelah menyeka permukaan, bersihkan tangan dengan sanitizer antimikroba untuk membunuh kuman.

Penting juga untuk membersihkan atau mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan karena itu hanyalah tindakan kebersihan dasar. Kamu harus mencari sanitizer tangan yang berbasis alkohol dan mengandung setidaknya 60 persen alkohol.

5. Penutup kursi dan meja nampan yang dapat digunakan kembali

Sementara kursi pesawat mungkin terlihat bersih, karyawan maskapai telah mengungkapkan bahwa kursi hanya mendapatkan pembersihan yang tepat ketika pesawat tidak dalam pelayanan.

Selain kotoran, virus dan bakteri seperti E.coli dan bakteri hemolitik yang terkait dengan radang tenggorokan juga telah ditemukan di sandaran kepala.

Untuk meminimalkan paparan kuman pada permukaan kain, bahkan setelah menyeka mereka, kamu dapat berinvestasi pada reusable seat dan penutup meja baki yang dapat digunakan lagi agar lebih aman.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply