Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Saran Financial Planner, Lakukan Perubahan Kecil Ini untuk Dampak yang Besar

Topcareer.id – Masa-masa sulit saat pandemic Covid-19 memberikan pelajaran bagaimana mengelola keuangan yang baik.

Penting bagi kita untuk menata gaya hidup sehari-hari serta mengatur prioritas lewat perubahan-perubahan kecil. Dan mungkin salah satunya lewat manajemen keuangan yang baik.

“Penting untuk mengatur tujuan hidup di masa depan, termasuk cita-cita yang ingin dicapai. Uang adalah oksigen yang membuat sendi-sendi kehidupan bergerak. Oleh sebab itu, menabung adalah sebuah kewajiban mendasar,” kata Financial Planner & Educator, Aliyah Natasha CFP MSc dalam diskusi interaktif dari Avrist Assurance, Selasa (16/6/2020).

Baca juga: Pentingnya Asuransi bagi Para Pekerja

Aliyah memberikan sebuah tiga poin pembelajaran sederhana akan pentingnya melakukan perubahan kecil yang dapat berdampak besar pada penghematan uang untuk menabung dana pensiun. Misalnya, kata dia, mulai membuat perencanaan sederhana.

Rencana tersebut harus dapat menjawab pertanyaan seperti nilai total kebutuhan hidup masa pensiun, audit jumlah aset dan liabilitas yang dimiliki, pengecekkan dan pemantauan habit investasi, serta ketahanan sumber dana masa pensiun.

Kemudian, Aliyah pun menambahkan pentingnya attitude yang memiliki peran kunci dalam kesuksesan perencanaan dana pensiun tersebut.

Baca juga: Menuju Top 15 Perusahaan Asuransi, Ini Strategi Bisnis Avrist Assurance

“Disiplin untuk meng-edit dan mengaudit gaya hidup dengan mengutamakan gaya hidup sehat, membangun life goals yang baru, belajar hidup sederhana, dan proaktif dalam mencari berita, informasi, agar melek investasi, menjadi kunci pemahaman guna membangun kelangsungan kesejahteraan hidup kita dan keluarga,” jelas Aliyah.

Lalu, lanjutnya, terdapat empat langkah konkrit yang dapat segera direalisasikan saat ini juga. Pertama  mempersiapkan dana darurat, melek investasi, pivot skill untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

“Serta yang paling penting adalah proteksi, baik proteksi jiwa, kesehatan, diri, maupun kesejahteraan secara maksimal,” tutup Aliyah.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply