Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Terhindar dari Gosip di Kantor

Ilustrasi. Sumber foto: aspennassociatesgroup.comIlustrasi. Sumber foto: aspennassociatesgroup.com

Topcareer.id – Akan selalu ada pihak yang bergosip dimanapun kamu berada, baik dalam kehidupan pribadi maupun kantor. Mereka yang tidak puas dan tidak mendapatkan sesuatu dengan cara mereka cenderung menebar gosip.

Mereka akan menyebarkan toxic nya kepada orang-orang di sekitarnya dan bisa menghasut untuk membenci sesuatu atau seseorang.

Kantor juga tempat yang rentan untuk melakukan penyebaran gosip. Terkadang kamu yang tidak tahu menahu bisa jadi kena korban gosip orang-orang beracun itu.

Baca Juga: Gosip Di Tempat Kerja Bisa Membahayakan

Mengutip inc.com, Senin (22/6/2020), berikut ini beberapa tips untuk menghindari gosip di tempat kerja.

Terapkan kebijakan ‘toleransi nol’ pada gosip di tempat kerja

Banyak perusahaan melindungi karyawan dari mengungkapkan informasi sensitif kepada orang lain. Jika, misalnya, seorang manajer mengungkapkan informasi rahasia yang mengarah ke gosip tempat kerja tentang seorang karyawan, manajer itu menghadapi risiko tindakan disipliner atau bahkan pemutusan hubungan kerja.

Berikan contoh

Jadilah panutan yang baik untuk diikuti orang lain dan jangan terlibat dalam gosip. Bersikap asertif, menjauh, atau mengganti topik pembicaraan saat gosip dimulai.

Beri tahu atasan

Milikilah keberanian untuk memberi tahu atasan langsung jika gosip berkembang dan mendapatkan pengikut. Manajemen yang mendukung lingkungan kerja yang sehat sekarang harus mengatasi masalah dengan cara yang memperkuat dan mempromosikan budaya positif.

Tegur pelaku

Ini akan membutuhkan keberanian, hadapi mereka satu per satu di ruangan yang netral agar yang lain tidak bisa mendengar. Intinya bukan sesi baku hantam, tetapi untuk secara bijaksana menunjukkan dengan contoh-contoh spesifik bagaimana perilaku mereka memengaruhi dan mengganggu pekerjaan.

Meeting

Jika kamu seorang seorang manajer, temui tim dan angkat topik gosip di rapat staf untuk mendidik tim kamu tentang konsekuensi negatifnya.

Dorong gosip positif

Mulailah berkerumun di pagi hari dengan gosip positif. Seperti membicarakan prestasi kerja tim, bahasa bagaimana agar kinerja bersama bisa meningkat lebih baik.

Abaikan gossiper

Sibukkan diri dengan pekerjaan sehingga kamu tidak dapat mendengarkan. Ketika penggosip menyerahkan tongkat gosip yang menarik kepada kamu untuk menyebarkannya, tolak!

Jaga kehidupan pribadi

Aturan praktisnya sederhana, jangan beri informasi pribadi dengan siapa pun di tempat kerja yang akan menjadi sumber gosip. Perhatikan orang di kantormu, jika kamu menemukan mereka bergosip tentang orang lain, sudah pasti mereka juga akan bergosip tentang kamu. Jangan beri mereka amunisi untuk melakukannya. *(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply