Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kamu Penyuka Durian? Ini Fakta dan Mitos Kesehatannya

Topcareer.id – Durian, buah otentik asal Asia Tenggara ini cukup banyak diminati orang. Berlawanan dengan kepercayaan umum, kamu tidak akan memiliki lonjakan besar dalam kadar kolesterol setelah makan durian.

Faktanya, king of fruits ini memiliki lemak tak jenuh tunggal yang baik yang sebenarnya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Durian memiliki sekitar 885 kalori hingga 1.500 kalori per buah tergantung pada ukurannya. Durian mungkin merupakan sumber nutrisi yang sangat baik, tetapi juga tinggi kalori dan karbohidrat sehingga harus dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Baca Juga: Bukan Indonesia. Pengekspor Durian Terbesar Di Dunia Adalah Negeri Ini

Bagi kamu para penggemar buah durian, mengutip healthxchange.sg, Senin (22/6/2020) Berikut ini ada beberapa fakta dan mitos tentang buah durian yang mungkin belum kamu ketahui.

Fakta Durian

1. Durian bisa menyebabkan berat badan naik
Dengan rata-rata 1 kg durian yang memiliki kalori mendekati 1.350 kalori, makan satu durian dapat mencapai 68 persen setiap hari dari 2.000 kalori harian yang direkomendasikan untuk rata-rata orang dewasa. Satu biji durian (sekitar 40 g) memiliki 54 kalori.

2. Durian kaya akan nutrisi
Durian secara alami kaya akan kalium, serat makanan, zat besi, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Dengan demikian durian sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otot dan tekanan darah, melancarkan buang air besar, dan kesehatan kulit. Buah ini juga mendukung sistem saraf dan kekebalan tubuh, dan meningkatkan pembentukan sel darah merah.

3. Penderita diabetes harus membatasi makan durian
Jika kamu memiliki diabetes, kamu tidak dapat menikmati durian karena kandungan gula yang tinggi dari buah tersebut. Durian mengandung simple sugar, sukrosa, fruktosa dan glukosa.

4. Durian adalah penyemangat instan
Karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, durian dapat membantu mengisi kembali tingkat energi yang rendah dengan cepat (pada orang sehat dan suka durian). Kandungan kalium yang tinggi dapat membantu mengurangi kelelahan dan menghilangkan stres serta kecemasan mental.

Baca juga: Makanan yang Tampaknya Sehat, tapi Nyatanya Nggak

Mitos Durian

1. Durian sarat dengan kolesterol
Tidak benar. Durian memiliki nol kolesterol. Kolesterol ditemukan dalam makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, makanan laut, dan produk susu. Durian memiliki lemak tak jenuh tunggal sehat jantung yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL kamu.

2. Manggis harus dimakan dengan durian untuk mengurangi efek panasnya di tubuh
Menurut kebijaksanaan China konvensional, manggis, sebagai buah pendingin, akan mengurangi panas yang terkait dengan durian. Namun, tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung hal ini. Kebiasaan makan durian dan manggis bersama mungkin berasal dari kenyataan bahwa dua buah ini biasa dipanen pada waktu yang bersamaan.

3. Makan durian dan minum bir sekaligus dapat membunuhmu
Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa ini adalah kombinasi yang mematikan. Ini lebih cenderung menyebabkan kembung, gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan karena hati harus bekerja ekstra keras untuk memetabolisme lemak dan gula dalam durian dan alkohol.

4. Makan durian bisa meningkatkan libido
Tidak benar. Daging buah durian memang dapat menyebabkan suhu tubuh naik, tetapi buah ini tidak lantas membuatmu jadi mudah terangsang.

Durian sejatinya adalah buah yang sangat bergizi ketika dimakan dalam jumlah sedang. Buah ini akan memberi tubuh banyak mineral, vitamin dan lemak yang baik. Makan dua hingga tiga biji durian sekaligus per hari sudah cukup, tetapi karena durian bisa membuat ketagihan, para penyuka durian cenderung makan lebih banyak dari yang seharusnya, ini yang terkadang menimbulkan masalah kesehatan.* (RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply