Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, August 13, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

5 Tanda Karyawan Loyal pada Perusahaan dan Atasan

Ilustrasi. Sumber foto: unitedconcordia.comIlustrasi. Sumber foto: unitedconcordia.com

Topcareer.id – Kesetiaan seorang karyawan sama sekali tidak ada hubungannya dengan masa kerja. Karyawan yang loyal kepada perusahaan akan bekerja keras untuk bayaran mereka dan berkomitmen untuk kesuksesan perusahaan.

Memang karyawan yang loyal suatu hari nanti pun tetap dapat pergi, tetapi sementara mereka bekerja untuk perusahaan yang sekarang, mereka akan melakukan yang terbaik dan bahkan sering menempatkan kepentingan perusahaan di atas kepentingan sendiri.

Karyawan yang sangat loyal mencapai level tertingginya saat mereka tak hanya loyal kepada perusahaan, namun mereka juga loyal kepada atasannya.

Seperti dikutip dari Inc.com, berikut ini gambaran kualitas karyawan yang sangat loyal:

1.Mereka memperlakukan atasan dengan humanis
Banyak karyawan melihat atasannya dengan menganggap bahwa mereka itu bos, bukan orang biasa. Karyawan yang sangat loyal membalik hubungan atasan-karyawan: Mereka tahu atasannya ingin membantu mencapai tujuan profesional dan pribadi mereka dan atasanpun menginginkan yang terbaik untuk mereka.

Maka mereka melihat atasannya lebih dari sekadar bos, dan mereka memperlakukan atasan dengan sisi humanisnya.

2. Mereka memberi tahu atasan apa yang paling tidak ingin atasannya dengar
Karyawan yang sangat setia tahu bahwa atasan paling perlu mendengar apa yang paling tidak ingin didengar, misalnya bahwa gagasan atasannya mungkin tidak berhasil, bahwa sudut pandang atasannya tidak aktif, bahwa atasannya membuat kesalahan.

Mereka akan tetap memberi tahu atasannya karena mereka tahu bahwa meskipun atasannya mungkin tidak terlalu peduli dengan apa yang akan didengar, atasannya akan tetap melakukan apa yang terbaik untuk perusahaan dan karyawannya.

Baca juga: 6 Kesalahan Teknologi Sepele yang Bikin Bos Kesal Padamu

3. Mereka tidak pernah mengkritik atasan di depan orang lain
Karyawan yang sangat setia tidak akan bergosip tentang atasan mereka, mereka juga tidak akan berbicara di belakang atasannya, mereka memberi rasa hormat setinggi-tingginya pada atasannya bahkan ketika sedang tidak ada.

4. Karyawan menyampaikan rasa tidak setujunya secara pribadi
Debat itu sehat. Ketidaksepakatan itu sehat. Karyawan yang sangat loyal percaya bahwa mereka dapat membagikan pendapat mereka sebebas atasannya juga. Bahkan mereka percaya bahwa atasan akan menginginkannya. Maka dari itu mereka akan lebih memilih menyampaikan rasa tidak setujunya secara pribadi.

5. Mereka sepenuhnya mendukung keputusan atasan di depan umum
Namun, ketika atasan telah memutuskan, walaupun putusannya berbeda dengan apa yang telah disampaikan secara pribadi, karyawan yang loyal akan tetap menerima dan menghormati keputusan tersebut dan tetap mendukung atasan beserta putusannya di depan umum. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply