Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, April 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Hoax Bisa Ditangkal oleh Diri Sendiri. Begini 7 Langkahnya

Aplikasi Whatsapp. (dok. Telegraph)

Topcareer.id – Di tengah pandemi global virus corona, semakin banyak beredar berita-berita hoax atau bohong yang menyesatkan masyarakat.

Pemerintah dan tokoh masyarakat telah banyak mengimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap penyebaran berita hoax dan mempraktikkan kebersihan informasi

Jadi apa yang dapat kamu sebaiknya bisa lakukan untuk membantu menghentikan penyebaran informasi bohong secara online?

1.Berhenti dan pikirkan
Kamu pasti ingin membantu keluarga dan teman-teman. Jadi, ketika kamu menerima berita baru –baik melalui email, WhatsApp, Facebook, Twitter, atau Instagram–kamu dapat dengan cepat meneruskannya kepada mereka. Tetapi para ahli mengatakan hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk menghentikan kesalahan informasi adalah berhenti dan berpikir. Jika kamu memiliki keraguan, periksa lebih lanjut untuk memastikan kebenarannya sebelum kamu kirimkan.

Baca juga: Tujuh Langkah Hentikan Berita Hoax di Tengah Pandemi

2. Periksa sumber
Sebelum meneruskannya, ajukan beberapa pertanyaan dasar tentang dari mana informasi itu berasal. Jika sumbernya adalah “teman seorang teman” atau “tetangga”, belum tentu bisa dipercaya. Sumber informasi yang paling dapat diandalkan adalah badan kesehatan masyarakat nasional seperti Gugus Tugas COVID-19, atau untuk kelas berita dunia, bisa dari CDC (Amerika Serikat), NHS (Inggris), maupun WHOO. Para ahli memang juga tidak sempurna. Tetapi mereka jauh lebih dapat diandalkan daripada kerabat jauh dari orang asing di WhatsApp.

3. Mungkinkah itu palsu?
Pertimbangkanlah akun yang mempotsing berita. Dimungkinkan untuk menyamar sebagai akun dan otoritas resmi seperti BBC News dan dari pemerintahan. Screenshot juga dapat diubah agar tampak seperti informasi berasal dari badan publik tepercaya.

Coba periksa akun dan situs web yang diketahui dan diverifikasi. Jika kamu tidak dapat dengan mudah menemukan informasinya, itu mungkin tipuan. Huruf kapital dan font yang aneh adalah sesuatu yang bisa digunakan untuk memeriksa fakta sebagai indikator posting yang mungkin menyesatkan.

Baca lebih jauh di halaman berikutnya>>

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan