Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Menulis dengan Tangan Terkesan Kuno, Tapi Coba Lihat Manfaatnya

freepik

Topcareer.id – Kehadiran smartphone dan laptop telah membuat orang lebih sering mengetik di keyboard daripada menulis dengan tangan.

Mengetik telah menjadi metode penulisan untuk segala hal, mulai dari email kantor hingga daftar tugas pribadi. Sementara mengetik memang lebih cepat dan lebih nyaman. Sebuah penelitian menunjukkan tulisan tangan juga memiliki kelebihan unik tersendiri.

Mengutip laman pens.com, Rabu (24/6/2020) jika kamu gemar menulis, lihatlah manfaat utama dari tulisan tangan berikut ini.

Meningkatkan efektivitas memori

Meskipun agak memakan waktu, ada banyak manfaat dari tulisan tanganmu. Catatan hasil tulisan tanganmu memungkinkan ingatan jangka pendek dan jangka panjang yang lebih baik karena mengandung kata-kata dan tulisan tangan kamu sendiri. Ini dapat berfungsi sebagai isyarat memori yang efektif.

Baca Juga: Alasan Mandarin Jadi Bahasa Global Berikutnya

Tajam berpikir kritis

Membandingkan tulisan tangan dengan mengetik, kamu akan lebih banyak terpapar pemikiran kritis saat menulis dengan tangan daripada saat mengetik. Tulisan tangan memungkinkanmu berpikir lebih menyeluruh tentang informasi yang kamu rekam. Ini mendorong kamu untuk memperluas pemikiranmu dan membentuk koneksi di antara mereka. Hal ini bisa lebih ditingkatkan dengan menggunakan pena daripada tinta berwarna berbeda sebagai sistem pengkodean warna untuk mengatur pikiran dan membentuk lebih banyak koneksi.

Pemahaman konseptual yang lebih kuat

Saat kamu menulis catatan dengan tangan, kamu secara otomatis mengembangkan pemahaman konseptual yang lebih kuat daripada dengan mengetik. Karena tulisan tangan lebih lambat dan lebih membosankan, maka tulisan tangan memaksa otak kamu untuk terlibat secara mental dengan informasi, meningkatkan kemampuan membaca dan memahami. Di sisi lain, mengetik mendorong catatan kata demi kata tanpa banyak memikirkan informasi. Transkripsi tanpa berpikir ini dapat menyebabkan kurangnya pemahaman dan penerapan informasi yang berarti, meskipun kamu mungkin dapat mengetik lebih banyak kata dengan cepat.

Tulisan tangan adalah latihan neurosensorik, jadi penting bagi kamu untuk memilih jenis pena yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan tulisanmu.

Baca juga: Kantor Berita China Gunakan Robot sebagai Penyiar Berita

Memberi gaya pada catatan tulisan tangan kamu memberimu kesempatan untuk menganalisis dan mengatur lebih lanjut pemikiran dan ide untuk membuat pencatatan menjadi lebih efisien dan pribadi.

Lima jenis pena paling populer meliputi:

  • Ballpoint Pens
    Solusi sempurna bagi mereka yang mencari pena yang mudah digunakan.
  • Pena Rollerball
    Menawarkan aliran tinta yang konsisten dengan berbagai gaya dan ukuran titik. Rollerball pulpen sangat bagus untuk mereka yang menginginkan variasi tetapi tetap fokus.
  • Spidol
    Ideal untuk orang yang menginginkan pena serbaguna untuk lebih dari sekedar menulis. Biasanya spidol tersedia dalam berbagai ukuran ujung pena.
  • Pena Gel
    Dirancang untuk cetak tebal dan kreatif, pena gel memberikan pengalaman menulis yang halus dengan warna dan efek yang menarik.
  • Pena Stylus
    menggabungkan teknologi dengan tulisan tradisional. Pena stylus adalah solusi lengkap bagi orang-orang yang suka menulis dengan tangan, tetapi menginginkan kenyamanan digital yang terkait dengan mengetik.

Manfaat tulisan tangan tidak berhenti pada pencatatan yang lebih efisien dan efektif, tulisan tangan juga memungkinkan kamu untuk melihat lebih dalam kepribadianmu. *(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply