Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Tips Kemenkes RI untuk Kamu Saat Berangkat, Selama di Kantor, dan Pulang Kerja di Era New Normal

Ilustrasi. (dok. Wahyu/Topcareer.id)

Topcareer.id – Saat ini kita telah memasuki era new normal. Para pekerja mulai kembali berangkat kerja ke kantor. Pemerintah telah memberikan kelonggaran untuk pergi bekerja selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi.

Di masa ini perusahaan membolehkan 50% pegawainya bekerja di rumah dan sisanya bekerja di kantor. Bagi yang masih kerja di rumah atau work from home (WFH) tentunya tetap menjaga diri dari penyebaran virus corona dengan tetap berada di rumah. Namun, untuk pegawai yang harus bekerja ke kantor, ada protokol kesehatan ketat yang harus dijalani.

Mengutip Instagram Kementerian Kesehatan (@kemenkes_ri), berikut protokol pencegahan Covid-19 bagi yang harus berangkat bekerja.

Baca juga: New Normal, Achmad Yurianto Minta Karyawan Waspadai Jam Makan Siang

Saat perjalanan ke tempat kerja
Pastikan tubuhmu dalam kondisi sehat, jangan paksa diri berangkat jika mengalami tidak enak badan, apalagi demam disertai batuk dan flu. Jangan lupa untuk menggunakan masker juga.

Jika kamu menggunakan transportasi umum seperti bus transjakarta, MRT, LRT, dan kereta commuter line, perhatikan physical distancing, kurangi menyentuh permukaan fasilitas umum, gunakan hand sanitizer. Jika kamu menggunakan ojek online, pakailah helm pribadi, dan usahakan untuk membayar non tunai.

Selama berada di tempat kerja
Segeralah cuci tangan setibanya di kantor. Hand sanitizer hanya digunakan di saat darurat di mana kamu tidak bisa menemukan tempat cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Gunakan siku untuk menekan tombol lift, tetap praktikkan physical distancing, bersihkan meja kerja sebelum mulai bekerja dengan menggunakan disinfektan.

Perhatikan ruang kerja untuk memastikan aliran udara dan sinar matahari masuk. Biasakan untuk tidak saling berjabat tangan, kurangimenyentuh permukaan atau peralatan bersama di kantor dan biasakan diri untuk tetap menggunakan masker walau sudah di dalam kantor.

Baca juga: Ini 10 Kebiasaan Baru Penumpang Pesawat di Masa New Normal

Saat tiba di rumah
Setelah seharian bekerja dan melewati perjalanan pulang yang melelahkan, setibanya di rumah kamu tetap harus menjalani protokol kesehatan seperti: Jangan langsung beresentuhan dengan anggota keluarga di rumah terutama anak-anak, sebelum kamu mambersihkan diri.

Cuci pakaian dan masker dengan detergen. Jika menggunakan masker sekali pakai, sobek dan basahi disinfektan terlebih dahulu sebelum kamu membuangnya. Bersihkan juga peralatan kamu mulai dari handphone, kacamata, tas, dan sepatu jika diperlukan.

Nah, jadi jangan asal berangkat kerja ya, pahami dan patuhi protokolnya sesuai peraturan di era new normal. Tetap perhatikan protokol kesehatan agar tidak ada lagi yang tertular Covid-19. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply