Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, July 8, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Asalkan Disiplin Pakai Masker, Potensi Penularan Hanya 1,5%

Ilustrasi. (dok. iStock)

Topcareer.id – Juru bicara penanganan Covid-19, Achmad Yurianto tak bosan mengingatkan agar masyarakat selalu memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah, maupun jika sedang dalam keadaan yang kurang sehat.

Anjuran tersebut bukan tanpa sebab. Memakai masker dapat mengurangi potensi terjadinya penularan melalui percikan droplet, baik saat bersin maupun batuk.

“Pertama jika semua pakai masker, maka potensi penularan hanya 1,5%. Kedua, apabila orang yang sakit pakai masker, sementara kelompok rentan tidak memakai masker maka potensi penularan bisa mencapai 70%,” ungkapnya di Jakarta, Rabu (24/6/2020).

Yuri menambahkan, jika seseorang tanpa gejala (OTG) yang membawa virus tidak menggunakan masker, dan melakukan kontak dekat dengan orang rentan, maka kemungkinan penularan mencapai 100%.

“Inilah yang meyakinkan kita bahwa menggunakan masker adalah cara yang paling tepat. Jadi gunakanlah masker secara benar, Tutuplah hidung dan mulut dengan baik,” imbuhnya.

Hingga 24 Juni 2020, jumlah pasien di Indonesia yang dinyatakan positif mencapai angka 49.009. Kemudian, 19.685 orang dinyatakan sembuh, dan sebanyak 2.573 pasien meninggal dunia.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply