Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Sekolah

11 Sekolah Pelayaran dan Kelautan yang Bisa jadi Pilihan Kamu

Ilustrasi. (dok. istimewa)

Topcareer.id – Bekerja di dunia pelayaran cukup menarik minat banyak lulusan sekolah masa kini karena gajinya tergolong tinggi.

Apalagi jika bisa bekerja untuk perusahaan pelayaran asing, lulusan sekolah pelayaran bisa mendapatkan gaji minimal USD 500 per bulan. Bahkan, gaji untuk kelas perwira bisa mencapai USD 2.000 hingga USD 3.000 per bulan.

Tak heran pendidikan ke sekolah tinggi pelayaran saat ini semakin diminati. Karena lulusan dari sekolah pelayaran memiliki prospek dunia kerja yang lebih luas dan diminati oleh perusahaan asing, baik dalam maupun luar negeri.

Baca juga: 5 Karier Menarik di Industri Perkapalan

Minat yang cukup tinggi terhadap karier di bidang pelayaran, sejumlah sekolah pelayaran pun kini mulai tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Bagi kamu yang tertarik menjadi pelaut dan membutuhkan referensi sekolah pelayaran, berikut ini daftar 10 sekolah pelayaran terbaik di Indonesia.

1.BP3IP Jakarta
BP3IP atau Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran merupakan lembaga milik pemerintah. Berlokasi di Jakarta dan merupakan tempat pendidikan dan pelatihan para pelaut yang telah diakui oleh International Maritime Organization (IMO).

2. STIP Jakarta
STIP atau Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran merupakan sekolah pelayaran negeri tertua di Indonesia. Sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia, STIP mencetak lulusan yang berkompeten.

3. BP2IP Tangerang
Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran(BP2IP) merupakan sebuah sekolah kemaritiman yang berada di Tangerang. Bagi kamu yang tinggal di wilayah Tangerang dan ingin melanjutkan pendidikan dalam ilmu pelayaran bisa mendaftar di BP2IP Tangerang. Di sekolah ini untuk meningkatkan sofskill calon pelaut, BP2IP menyediakan aneka macam ekstrakurikuler.

Baca juga: Oseanografi, Jurusan Idaman Pecinta Lautan

4. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar
Sekolah pelayaran yang berdiri sejak 1921 ini memiliki 3 jurusan utama yakni nautika, teknika, dan KALK. Selama masa diklat calon pelaut dari sekolah pelayaran tidak boleh menikah dulu. PIP Makassar memiliki fasilitas canggih seperti engine room control dan full mission ship simulator. Pelatihan pelayaran menggunakan kapal latih Sultan Hasanudin.

5. Akademi Maritim Cirebon
Bagi kamu warga Pantura bisa memilih Akademi Maritim Cirebon sebagai tempat menempuh pendidikan kelautan. Sekolah pelayaran yang berdiri sejak tahun 1986 ini akan mendirik calon perwira pelayaran yang ahli di bidang nautika dan teknika. Selain itu mendidik siswanya menjadi perwira pelayaran kyang ompeten bidang ketatalaksanaan pelayaran niaga.

Baca lebih jauh di halaman berikutnya>>

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply