Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, March 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Sekolah

Oseanografi, Jurusan Idaman Pecinta Lautan

Sumber foto: kesekolah.comSumber foto: kesekolah.com

Topcareer.id – Kalau kamu suka menjelajahi lautan, Oseanografi sepertinya akan menjadi jurusan kuliah idaman kamu.

Oseanografi adalah cabang ilmu yang mempelajari fenomena kelautan, mulai dari perubahan kondisi air laut; melacak penyebab terjadinya bencana alam yang berhubungan dengan laut; hingga mempelajari kehidupan biota yang ada di dalamnya.

Jika mengambil jurusan ini, kamu tentu tidak hanya belajar di kelas. Akan ada banyak pelajaran yang dilakukan di luar, terutama di laut. Seru bukan?

Selain itu, kamu juga dituntut untuk mempelajari banyak hal seperti fisika, kimia, biologi, oseanografi perikanan, pemodelan oseanografi, sistem informasi geografis, rekayasa oseanografi, marine radionuklide, mitigasi bencana pesisir dan laut, meteorologi dan klimatologi laut, penginderaan jauh dan pemetaan laut, serta teknologi eksplorasi sumber daya pesisir dan laut.

Baca juga: 9 Tips Sukses Bekerja Sambil Kuliah

Sejauh ini, baru ada 2 universitas di Indonesia yang memiliki jurusan Oseanografi, yaitu Institut Teknologi Bandung dan Universitas Diponegoro.

Meski demikian, prospek kerja untuk jurusan ini terbilang menjanjikan. Pasalnya hingga saat ini Indonesia masih kekurangan tenaga di bidang kelautan, sehingga peluang kamu di dunia kerja sangat terbuka lebar.

Bagi kamu yang mengambil Oseanografi, nantinya kamu bisa bekerja sebagai peneliti, pengajar, administrator kelautan, militer terutama TNI Angkatan Laut, dan konsultan lingkungan.

Menarik bukan?

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply