Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, May 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Lahaina Noon, Fenomena Objek Tanpa Bayangan di Hawaii

Topcareer.id – Pada bulan-bulan tertentu setiap tahunnya di beberapa area di kepulauan Hawaii akan mengalami sebuah fenomena unik bernama “Lahaina Noon.”

Lahaina Noon merupakan fenomena di mana objek yang terpapar oleh sinar matahari langsung tidak memiliki pantulan bayangan seperti biasanya.

Fenomena ini terjadi saat matahari berada tepat tegak garis lurus di atas objek-objek vertikal seperti tiang bendera dan sejenisnya.

Hawaii merupakan satu-satunya negara bagian AS di daerah tropis yang mengalami fenomena Lahaina Noon dan terjadi setiap bulan Mei dan Juli.

Baca Juga: Barrow, Kota Kecil Yang Kehilangan Matahari Setiap Tahun

Hawaii yang berada di antara Tropic of Cancer dan Tropic of Capricorn menerima sinar matahari langsung ketika jalur matahari yang terlihat melewati bagian atas sebelum dan sesudah titik balik matahari musim panas.

Siang hari Lahaina Noon biasa mulai terjadi sejak pukul 12:16 hingga 12:43 Waktu Standar Hawaii-Aleutian. Pada saat itu benda yang berdiri tegak seperti tiang bendera, tiang telepon, dll, tidak akan menghasilkan bayangan.

Nama fenomena ini dipilih dalam kontes yang disponsori oleh Museum Uskup pada 1990-an, Lahaina Noon adalah sebutan yang dipilih karena Lā hainā (nama lama untuk Lāhainā, Hawaii) berarti “matahari yang kejam” dalam bahasa Hawaii. Nama kuno Hawaii untuk acara itu adalah ka lā i ka lolo yang diterjemahkan sebagai “matahari yang bersandar pada otak.”** (RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply